Metode bimbingan perwakinan pada masa pandemi Covid-19 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Chaerudin, Indra Taufik (2023) Metode bimbingan perwakinan pada masa pandemi Covid-19 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan perkawinan merupakan program pemerintah untuk mempersiapkan calon pengantin dalam menghadapi kehidupan berkeluarga dan berumah tangga. Akan tetapi pandemi covid-19 mengubah pola kehidupan sosial masyarakat Indonesia di segala bidang dan menghambat pelayanan sosial untuk masyarakat termasuk program bimbingan perkawinan untuk calon pengantin yang diselenggarakan oleh KUA mengalami keterhambatan disebabkan adanya kebijakan pemerintah yang membatasi masyarakat untuk tidak berkerumun dan mengurangi mobilitas. Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui metode Bimbingan Perkawinan pada masa Pandemi Covid-19 di KUA Kecamatan Lembang, (2) untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Perkawinan pada masa Pandemi Covid-19 di KUA Kecamatan Lembang, (3) untuk mengetahui dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Bimbingan Perkawinan pada masa Pandemi Covid-19 di KUA Kecamatan Lembang. Kerangka dalam penelitian ini berupa dua aspek variabel, yaitu (1) Bimbingan perkawinan dan manfaatnya ditinjau dari aspek Maslahat dan (2) Kemaslahatan Penyelenggaraan Bimbingan Perkawinan pada masa Pandemi ditinjau dari aspek perbandingan Maslahah dan madarat. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari Petugas KUA, pembimbing dan calon pengantin yang mendaftar nikah di KUA kecamatan Lembang pada masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan: (1) Bimbingan perkawinan pada masa pandemi covid-19 di KUA Lembang dilaksanakan dengan metode bimbingan tatap muka dan sebagian lain menggunakan metode mandiri. Bimbingan dengan metode tatap muka dilaksanakan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelompok. Sedangkan bimbingan mandiri menggunakan media sosial yang memanfaatkan media internet (2) Terdapat beberapa perbedaan dalam pelaksanaanya pelaksanaan Bimbingan Perkawinan pada masa pandemi covid-19 di KUA Kecamatan Lembang, dibandingkan dengan masa sebelum pandemi Covid-19 dari tahap persiapan bimbingan, jumlah peserta bimbingan, dan penerapan protokol kesehatan selama bimbingan perkawinan berlangsung. (3) Terdapat dua faktor pendukung pelaksanaan bimbingan perkawinan pada masa pandemi covid-19 di KUA Kecamatan Lembang yaitu antusiasme peserta bimbingan yang tinggi, dan kedua tersedianya pembimbing atau narasumber yang ahli dalam bidangnya, seperti pembimbing dari puskesmas, BKKBN, dan BP4 untuk memberi materi sesuai bidang keahlian masing-masing seperti kesehatan reproduksi suami-istri, pencegahan stunting, dan manajemen konflik keluarga. Terdapat dua faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan perkawinan, diantaranya masih adanya calon pengantin yang tidak tertib administrasi, dan jadwal bimbingan perkawinan yang cukup kaku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Perkawinan; Pandemi Covid-19; KUA Lembang;
Subjects: Islam > Marriage and Family Life
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: - Indra Taufik Chaerudin
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:45
Last Modified: 29 Sep 2023 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79381

Actions (login required)

View Item View Item