Pengaruh Net Sales dan Total Operating Expenses terhadap Operating Income pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Tirta Mahakam Resources Tbk periode 2013-2022

Hilmy Adz Dzakir, Mochammad (2023) Pengaruh Net Sales dan Total Operating Expenses terhadap Operating Income pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Tirta Mahakam Resources Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, Fakultas Ekonomi dan BIsnis Islam : Program Studi Manajemen Keuangan Syariah.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Penjualan (net sales) merupakan penjualan yang di dapatkan oleh perusahan dalam satu periode yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Total Operating Expenses menggambarkan beban usaha perusahaan yang diluar dari kegiatan produksi perusahaan. Kedua komponen ini menjadi faktor dari baik tidaknya Operating Income yang tentunya akan menunjukan keuntungan yang didapat perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Net Sales secara parsial terhadap Operating Income; 2) Total Operating Expenses secara parsial terhadap Operating Income; 3) Pengaruh Net Sales dan Total Operating Expenses secara simultan terhadap Operating Income pada PT. Tirta Mahakam Resources Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis asosiatif yang meliputi analisis regresi linier dan berganda, analisis korelasi Person Product Moment, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis yaitu uji signifikan parsial (uji t) dan uji signifikan simultan (uji f). Pengelolaan data menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 26 sebagai penunjang pengelolahan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Matahari Department Store Tbk. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Net Sales di PT. Tirta Mahakam Resources Tbk. secara parsial tidak terdapat hubungan antara Net Sales terhadap Operating Income, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai 2,114 < 2,306 maka Ha ditolak dengan tingkat signifikansi 0,067 dan nilai koefisien determinasi sebesar 25,9%. 2) Total Operating Expenses di PT. Tirta Mahakam Resources Tbk. secara parsial terdapat hubungan antara Total Operating Expenses terhadap Operating Income, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai 2,723 > 2,306 maka Ha ditolak, dengan tingkat signifikansi 0,026 dan koefisien determinasi sebesar 51,9%. 3) Secara simultan, Net Sales dan Total Operating Expenses di PT. Tirta Mahakam Resources Tbk. tidak berpengaruh terhadap Operating Income, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung < Ftabel dengan nilai 3,749 < 4,74 maka Ha ditolak, dengan tingkat signifikansi 0,078 dan nilai koefisien determinasi sebesar 48,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Keuangan Syariah; Net Sales; Total Operating Expenses; Operating Income;
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mochammad Hilmy Adzdzakir
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:44
Last Modified: 02 Oct 2023 04:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79418

Actions (login required)

View Item View Item