Penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah Matematis : Penelitian kuasi eksperimen di kelas IV MI Matla’ul Atfal Kota Bandung

Shopiyah, Willy Siti (2023) Penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah Matematis : Penelitian kuasi eksperimen di kelas IV MI Matla’ul Atfal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftar isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)

Abstract

Kualitas pembelajaran dapat dipengaruhi oleh peran guru sebagai pengelola sekaligus peran utama dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Maka, guru harus aktif dan inovatif dalam menyuguhkan kegiatan belajar yang menarik dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang sifatnya interaktif seperti model POGIL. Permasalahan yang ditemukan di kelas IV MI Matla’ul Atfal ialah sebagian siswa masih kesulitan dalam memecahkan suatu masalah pada soal cerita dalam pembelajaran matematika. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan menerapkan model pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika setelah penggunaan model pembelajaran POGIL serta untuk mengetahui pengaruh model POGIL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi KPK dan FPB di kelas IV. Model Pembelajaran POGIL adalah salah satu metode pembelajaran yang sistem kerjanya membentuk tim dan menggunakan metodologi inkuiri dan menekankan pada komponen proses. Model POGIL juga menekankan bahwa belajar adalah proses interaktif dalam berpikir dengan seksama, mendiskusikan ide-ide, menyempurnakan pemahaman, melatih keterampilan dan merefleksikan peningkatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Kuasi Eksperimen dengan desain nonequevalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal uraian (essay), lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum diberikan treatment (pretest) di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 33,56 (kurang sekali) dan setelah diberikan treatment (posttest) memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,96 (cukup) dengan nilai tertinggi 96 dari nilai maksimumnya 100. Adapun hasil analisis uji hipotesis independent sample t-test nilai sig (2-tailed) senilai 0,000 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model POGIL dan Saintifik. Pengaruh tersebut juga didukung oleh peningkatan nilai N-Gain dengan persentase 58% sehingga dapat diklasifikasikan pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; POGIL; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis;
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Shopiyah Willy
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:21
Last Modified: 02 Oct 2023 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79428

Actions (login required)

View Item View Item