Penerapan Hukum Ta'zir terhadap nasabah Non Performing Financing pada pembiayaan kepemilikan Rumah dengan akad Murabahah pasca Covid-19 di BSI Kantor Cabang Sudirman 1 Pekanbaru Riau

Linda, Sisi Ade (2023) Penerapan Hukum Ta'zir terhadap nasabah Non Performing Financing pada pembiayaan kepemilikan Rumah dengan akad Murabahah pasca Covid-19 di BSI Kantor Cabang Sudirman 1 Pekanbaru Riau. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

Pemberian ta’zir (denda) berdasarkan fatwa DSN-MUI No.17 Tahun 2000 boleh dilakukan apabila nasabah melakukan penundaan pembayaran secara sengaja. Namun ta’zir tidak berlaku apabila nasabah berada dalam kondisi force meajure. Kemunculan covid-19 yang menyebabkan permasalahan ekonomi yang digolongkan sebagai force meajure dan menurut hukum dilarang untuk pemberlakukan ta’zir. Secara teori kondisi pasca covid-19 boleh dikenkana ta’zir kepada nasabah. Namun, pasca covid-19 tidak menjamin usaha nasabah yang terdampak akan kembali normal secara cepat, sehingga perlu pengakjian ulang terhadap pemberian ta’zir yang dilakukan pasca covid-19 kepada nasabah Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: (1) Pelaksanaan akad murabahah pada pembiyaan rumah pasca covid-19 di BSI Kantor Cabang Sudriman 1 Pekanbaru Riau; (2) Penerapan ta’zir pada nasabah non performing financing pada pembiayaan rumah dengan akad Murabahah pasca covid-19 di BSI Kantor Cabang Sudriman 1 Pekanbaru Riau; (3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan ta’zir pada nasabah non performing financing pada pembiayaan rumah dengan akad Murabahah pasca covid-19 di BSI Kantor Cabang Sudriman 1 Pekanbaru Riau. Kerangka pemikiran pada penelitian ini berlandaskan kepada konsep akad dan teori kesadaran hukum. Melalui dua konsep tersebut diharapkan memberikan keterangan terkait dengan penerapan ta’zir yang dilakukan oleh BSI KC Sudirman 1 Pekanbaru Riau pada nasabah non performing financing pasca covid-19. Metode penelitian berupa deskriptif-analisis dengan pendekatan yuridis empiris yaitu penelitian hukum yang mengkaji terkait dengan implementasi atau penerapan hukum normatif secara langsung di masyarakat. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan cara wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1)Pelaksanaan akad Murabahah pada pembiayaan kepemilikan rumah pasca covid-19 di BSI KC Sudirman 1 Pekanbaru Riau secara rukun akad telah memenuhi, akan tetapi kesadaran pelaku akad pelaku belum sepenuhnya; (2) Penerapan ta’zir terhadap nasabah NPF pasca covid-19 hanya dilakukan apabila nasabah tidak melakukan koordinasi kepada pihak bank; 3)Faktor pendukung pelaksanaan penerapan ta’zir adalah nasabah taat hukum, sedangkan faktor penghambatnya adalah nasabah tidak patuh hukum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ta'zir; Non Performing Financing (NPF); Pembiayaan Kepemilikan Rumah; Murabahah, Pasca Covid-19
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Sisi Ade Linda
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:15
Last Modified: 02 Oct 2023 01:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79437

Actions (login required)

View Item View Item