Hidayati, Hidayati (2004) Pelaksanaan strategi pemasaran industri kerajinan batik trusmi ninik ichsan Cirebon dalam perspektif fiqh muamalah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
Abstract
Pemasaran merupakan suatu strategi yang digunakan dalam dimia bisnis untuk mempertahankan eksistensinya. Dalam memasarkan hasil produksinya setiap perusahaan berupaya untuk menciptakan keunggulan bersaing agar dapat bertahan dan mampu memenangkan persaingan dengan perusahan yang sejenis. Industri Batik Ninik Ichsan sebagai industri kecil yang memproduksi kain batik telah mampu mempertahankan eksistensinya dengan strategi yang diterapkan dalam memasarkan produknya, walaupun banyak pesaing bisnis yang lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanan strategi pemasaran Industri Batik Ninik Ichsan dan mengetahui tinjauan fiqh muamalah terhadap pelaksanan strategi pemasaran yang dilakukan Industri Batik Ninik Ichsan Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pemasaran merupakan suatu usaha untuk mencari harta kekayaan yang dihalalkan dalam Islam. Sehingga dalam perkembangan dunia bisnis diperlukan strategi untuk memasarkan produk yang dihasilkan sehingga para pengusaha tidak mengalami kerugian. Walau demikian bagi pengusaha muslim pemasaran dan strategi yang digunakan tidak boleh bertentangan dengan hukum Islam Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif, yaitu dengan menjelaskan fakta dan data yang ada di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan yaitu dengan menelaah buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti.Beradasarkan hasil penelitian di lapangan, Industri Batik Ninik Ichsan dalam memasarkan produknya menggunakan beberapa strategi yaitu strategi pengelompokan pasar, strategi waktu dan strategi bauran pemasaran. Dengan strategi tersebut Industri Batik Ninik Ichsan dapat mempertahankan eksistensinya sampai sekarang. Apabila dikaitkan dengan fiqh muamalah segmentasi pasar sama dengan perencanaan, perencanaan diperbolehkan dalam Islam, waktu pemasran Industri Batik Ninik Ichsan sesuai dengan Tujuan Ekonomi Islam yaitu menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat, adapun produk sesuai dengan asas tabaadul manafi', strategi harga sesuai dengan asas antaraadhin, dalam pendistribusian sesuai dengan asas musyarokah dan promosi sesuai dengan asas 'adamul gharar dan doktrin human relation.Dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi pemasaran Industri Batik Ninik Ichsan tidaklah bertentangan dengan prinsip- prinsip muamalah dengan kata lain bahwa strategi pemasaran Industri Batik Ninik Ichsan dengan fiqh muamalah terdapat hubungan satu sama lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelaksanaan strategi;industri kerajinan batik |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | PKL6 SMKN 11 GARUT |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 03:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 03:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79466 |
Actions (login required)
View Item |