Hadis tentang kedudukan perempuan diranah politik menurut Musthafa Asy-Siba'i : Analisis atas pemikiran Musthafa Asy-siba’i dalam Buku Al-Mar’ah Bainal Fiqh Wal Qanun

Nisa, Indah Fahira Ainun (2023) Hadis tentang kedudukan perempuan diranah politik menurut Musthafa Asy-Siba'i : Analisis atas pemikiran Musthafa Asy-siba’i dalam Buku Al-Mar’ah Bainal Fiqh Wal Qanun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini di Indonesia sedang maraknya perebutan kursi politik, semua kandidat mengeluarkan visi dan misi bertujuan untuk mengambil suara rakyat. Namun, dilihat dari pemilu sebelumnya di tingkat nasional maupun daerah partisipasi perempuan dalam politik masih dipersepsikan pada representasi dalam struktur politik yang dirasa belum memadai. Salah satu faktor penghambatnya partisipasi perempuan dalam politik kurang memadai yaitu faktor kondisi geografis, terutama kedekatan dengan pusat pemerintahan, yang menyebabkan perempuan di wilayah pedesaan mempunyai keterbatasan akses politik tersendiri. Disini penulis menjawab pertanyaan tersebut dengan membahas kritik Musthafa Asy-Siba’i tentang kedudukan perempuan di ranah politik diantaranya hak memilih, kepemimpinan dalam negara, dan status politik perempuan dari masa kemasa. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data yang berkaitan dengan pembahasan dikumpulkan melalui dokumentasi atau studi pustaka, dan kemudian dianalisis menggunakan pendekatan Takhrij al-Hadith. Dengan metode ini, penulis berusaha mendapatkan data yang relevan melalui studi penelitian hadis. Setelah itu, data dikumpulkan dan ditelaah lebih lanjut untuk mencapai kesimpulan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan sumber data dari buku Al-Mar’ah Bainal Fiqh Wal Qanun dari Musthafa Asy-siba’i sebagai sumber primer, sedangkan sumber sekunder terdiri dari kitab hadis yang ada di dalam Masadir Kutub Al-Hadith (juga dikenal sebagai Kutub Tis'ah), atau dengan menggunakan software Maktabah Syamilah untuk menentukan apakah hadis tersebut shahih atau dhoif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1 hadis tentang hak perempuan di ranah politik yang dipegang teguh oleh musthafa asy-siba’i , lalu beliau menuangkan pemikirannya dalam buku Al-Mar’ah Bainal Fiqh wal Qanun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hadis; Kepemimpinan perempuan; Musthafa Asy-siba’i
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Social Process > Leadership
Civil Rights > Political Rights
Philosopy and Theory > Semantics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Ainun Nisa Indah Fahira
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:35
Last Modified: 03 Oct 2023 03:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79477

Actions (login required)

View Item View Item