Peran Gatekeeper dalam pemberitaan peresmian masjid raya Al-Jabbar di media online : Studi kasus pada Website Bandung.Go.Id

Fitriyanti, Nurul (2023) Peran Gatekeeper dalam pemberitaan peresmian masjid raya Al-Jabbar di media online : Studi kasus pada Website Bandung.Go.Id. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER (1).pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Pemberitaan Peresmian Masjid Raya Al-Jabbar yang terjadi akhir tahun 2022 tepatnya 30 Desember menjadi perhatian beragam media massa lokaldan nasional. peresmian ini juga mendapatkan banyak perhatian dari khalayak luas di media sosial. Bandung.go.id sebagai media daring lokal dilingkungan Kota Bandung pada pemberitaan peresmian tersebut yang merupakan isu nasional dalam peran gatekeeper pada proses pemberitaan terdapat hal yang melatar belakangi didalamnya. Peran gatekeeper sebagai penjaga dalam media massa menjadi penting untuk mencegah kesalahan-kesalahan yang mungkin saja terjadi dengan menentukan kelayakan informasi yang akan dimuat. Proses produksi pemberitaan yang dilakukan gatekeeper dalam perannya menyeleksi pemberitaan Peresmian di Bandung.go.id didasari oleh beberapa lapisan di media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Metode studi kasus dapat membantu pada penelitian secara mendalam dari suatu masalah. Teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengaruh proses gatekeeping atau teori gatekeeper . Bahwa dalam penilitian ini memfokuskan ke dalam tiga bagian utama yakni Proses Konten Berita, Kualitas Konten Berita dan Publikasi Konten Berita. Hasil yang didapatkan bahwa, proses dalam membuat konten berita perlu adanya peran gatekeeping untuk nantinya menjaga kualitas konten. Dalam menentukan kualitas, gatekeeping berfokus pada isi konten dan penulisan yang sederhana sesuai dengan EYD. Terakhir Gatekeeping dalam proses publikasi memperhatikan penyebarluasan konten berita, dengan berfokus pada penyebaran berita di multiplatform media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gatekeeper; Berita; Media Online; Bandung.go.id
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nurul Fitriyanti
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:25
Last Modified: 13 Oct 2023 04:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79511

Actions (login required)

View Item View Item