Perkembangan pengurus anak cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor : Masa kepemimpinan Nanang Wahyu pada tahun 2017 – 2022

Al Ayubi, Ridwan Nauffal (2023) Perkembangan pengurus anak cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor : Masa kepemimpinan Nanang Wahyu pada tahun 2017 – 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy

Abstract

Gerakan Pemuda Ansor kecamatan Jatinangor ini merupakan organisasi yang hidup berdampingan baik dengan masyarakat maupun dengan organisasi lainnya. Tak hanya itu kehadirannya juga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat terutama dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan oleh Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor. juga peluang yang diberikan sehingga tak hanya kader yang mampu berkembang masyarakat sipil pun mendapatkan impact dari kehadiran Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor ini. Penelitian ini menggunakan beberapa tahapan, yaitu pertama tahapan heuristik dimana penulis menghimpun beberapa sumber data yang diantaranya melalui wawancara terhadap pihak yang terlibat secara langsung maupun yang tidak tidak terlibat atau sebagai saksi sejarah itu sendiri, kedua tahapan kritik untuk mengolah data hasil penelitian atau wawancara untuk memperoleh data yang valid tentang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor. Penulis pun menggunakan tahapan interpretasi dimana data diproses untuk memantapkan makna atau memberi penafsiran dengan cara menghubungkan fakta yang diperoleh kemudian tahapan terakhir adalah historiografi yang merupakan tahapan rekonstruksi dan penulisan dari hasil penelitian yang sesuai dengan penelusuran objek kajian Organisasi Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa organisasi Gerakan Pemuda Ansor tingkat pengurus anak cabang yang berada di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang mengalami perkembangan yang signifikan dalam kurun waktu 2017-2022. Adapun perkembangan yang dilalui oleh Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor itu dialami pada masa kepemimpinan Nanang Wahyu yang mana kemudian pada kepemimpinan inilah banyaknya kegiatan yang berdampak dan menguntungkan pada masyarakat setempat. Tentu dengan tetap menyiarkan syiar Islam dalam setiam kegiatan yang diadakannya. Adapun factor kemajuan zaman serta animo masyarakat dan pemerintah setempat menjadi pendorong utama perkembangan organisasi Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor. Selain itu, factor solidaritas yang dimiliki oleh kader Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor menjadi factor pendukung bertahan dan berdirinya organisasi Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Organisasi; Gerakan Pemuda Ansor;
Subjects: Islam
Islam > Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ridwan Nauffal Al Ayubi
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:00
Last Modified: 03 Oct 2023 07:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79534

Actions (login required)

View Item View Item