Efektivitas program keluarga harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif Program Keluarga Harapan PKH di Desa Lenggah Jaya Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi

Dwi, Novaldy (2023) Efektivitas program keluarga harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif Program Keluarga Harapan PKH di Desa Lenggah Jaya Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER .pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK .pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI .pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Program Keluarga Harapan atau disingkat PKH merupakan salah satu program pembangunan sosial yang terfokus pada peningkatan sumberdaya manusia. Dalam hal ini keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat. Hal ini banyak yang ingin diketahui dari program keluarga harapan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Lenggah Jaya dalam menentukan sasaran/target dan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai kesejahteraan sosial sebagai tujuan utama Program Keluarga Harapan. 2). untuk mengetahui dan memahami bagaimana proses integrasi dan adaptasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam menangani masalah yang menghambat efektivitas pelaksanaan PKH. 3). untuk mengetahui dan memberikan gambaran yang komprehensif efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan Kesejahteraan masyarakat miskin di Desa Lenggah Jaya Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana efektivitas program program keluarga harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Lenggah Jaya Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Fungsionalisme Struktural dari Talcot parson, teori ini mengkaji pada bagaimana satu hal mempengaruhi yang lain. Pendekatan ini menolak gagasan bahwa beberapa fungsi dalam sistem sosial bertentangan dengan keberadaan suatu peristiwa atau sistem. Teori Fungsionalisme Struktural. Kerangka kerja dalam penelitian ini menggunakan system AGIL (Adaptation, Goal attainment, Integration, Latency). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan Data penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu: Observasi, Wawancara Mendalam, dan Studi Kepustakaan atau Dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan oleh Peneliti dengan menggunakan Teknik Analisis Data menurut Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa Program PKH efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dimana PKH adalah membantu mengurangi kemiskinan dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya pada kelompok masyarakat sangat miskin. Sedangkan hambatannya ada warga yang sesuai dengan kriteria penerima PKH tapi tidak menerima program tersebut. Selain itu Dalam menyelasaikan PKH ini pemerintah mempunyai strategi dalam menyelesaikan program keluarga harapan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PKH;Kesejahteraan;Keluarga
Subjects: Culture and Institutions
Communities
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dwi Novaldy Baihifni
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:03
Last Modified: 13 Oct 2023 04:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79568

Actions (login required)

View Item View Item