pelaksanaan musyarakah dengan pola tanggung renteng antara kelompok usaha Mitra Mu`Amalah dengan BMT Insan Mulia Cianjur

Sarimah, Sarimah (2009) pelaksanaan musyarakah dengan pola tanggung renteng antara kelompok usaha Mitra Mu`Amalah dengan BMT Insan Mulia Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
9_lampiran.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya perekonomian syariah di bumi Indonesia ditandai dengan bermunculannya lembaga-lembaga keuangan syariah, seperti BMT Insan Mulia Cianjur yang menerapkan prinsip bagi hasil dalam operaionalnya. Sebagai representasinya adalah pembiayaan musyarakah yang dipakai dengan menggunakan pola tanggung renteng. Tanggung renteng ialah pola pembiayaan dengan ketentuan para anggota kelompok/ nasabah bertanggungjawab jika teijadi kemacetan atau tunggakan pada salah satu anggotanya, BMT tidak bertanggung atas teijadinya kerugian dalam pembiayaan ini. Berdasarkan hal tersebut diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme pelaksanaan musyarakah dengan pola tanggung renteng antara Pokusma dengan BMT Insan Mulia, maslahat dan mafsadat yang ditimbulkan dari pelaksanaan musyarakah tersebut, serta bagaimana tinjauan fiqih muamalah terhadap pelaksanaan musyarakah dengan pola tanggung renteng. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa para nasabah (pengusaha) yang secara umum memerlukan modal/biaya tambahan turut serta dalam pembiayaan musyarakah dimana musyarakah merupakan pembiayaan/penyertaau modal bagi usaha nasabah. Dengan pembiayaan menggunakan pola tanggung renteng ini menimbulkan maslahat dan mafsadat yang dapat dirasakan oleh masing-masing pihak, fiqih mu’amalah meninjau bahwa suatu transaksi haruslah memenuhi rukun dan syarat yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk roenggambarkan keadaan objek penelitian, yaitu pelaksanaan musyarakah dengan pola tanggung renteng antara Pokusma dengan BMT Insan Mulia Cianjur. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Sementara proses analisisnya dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penehtian ini menunjukkan bahwa mekanisme Musyarakah dengan pola tanggung renteng antara Pokusma dengan BMT Insan Mulia Cianjur yaitu ketua dan anggota pokusma wajib mengikuti pelatihan dan pertemuan rutin tiap minggu bersama pendamping dan membayar cicilan angsuran ketika pertemuan tersebut. Maslahat dari pembiayaan ini yaitu memberdayakan ekonomi masyarakat kecil, terutama fakir miskin dan pengusaha mikro, sedangkan mafsadat yang bisa timbul dari pembiayaan ini yaitu setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas segala sesuatu yang akan mengganggu dan mengancam kelangsungan dari kelompoknya. Dalam perhitungan bagi hasilnya, pihak BMT menetapkan bagi keuntungan yang sama rata pada tiap anggota kelompok. sedangkan usaha yang mereka kelola berbeda-beda, yang tentunya akan menghasilkan keuntungan yang berbeda-beda pula.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan musyarakah dengan;kelompok usaha mitra
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:57
Last Modified: 04 Oct 2023 06:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79580

Actions (login required)

View Item View Item