Rancang bangun alat Geolistrik Resistivitas Meter berbasis Mikrokontroler ATMega328

Nugraha, Andi Eka (2023) Rancang bangun alat Geolistrik Resistivitas Meter berbasis Mikrokontroler ATMega328. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Metode geolistrik resistivitas merupakan salah satu metode geolistrik untuk mempe-lajari sifat resistivitas lapisan batuan di bawah permukaan bumi. Metode ini mem-perhitungkan perubahan resistivitas suatu lapisan batuan di bawah permukaan bumi yang menjadi bahan survei di bawah titik pengukuran. Penelitian ini melibatkan perancangan alat pengukur arus dan potensial berbasis mikrokontroler ATMega328, pembuatan sistem data logging menggunakan modul SD Card, pembuatan sistem filter noise untuk meningkatkan akurasi pengukuran, pembuatan alat injeksi arus, serta pengujian alat resistivitas bumi yang dirancang dengan alat resistivitas stan-dar. Hasil pengujian menunjukkan tingkat kesalahan relatif yang rendah, dengan mayoritas di bawah 1% untuk arus dan di bawah 2% untuk tegangan. penelitian ini juga merancang rangkaian inverter untuk menghasilkan tegangan yang diperlukan. Rangkaian inverter ini terdiri dari tiga buah inverter yang disusun secara seri dan mampu mengubah tegangan input 12VDC menjadi tegangan sebesar 252 VDC de-ngan efisiensi 60,04% hingga 66,95%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat geolistrik resistivitas yang dirancang secara umum memberikan hasil yang kompa-rabel dengan alat resistivitas standar. Terdapat variasi kesalahan relatif alat sebesar 0,3% hingga 4,0%, faktor-faktor seperti ketelitian sensor dan faktor lingkungan ber-kontribusi terhadap kesalahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk menggunakan sensor yang mampu membaca riak pada tegangan potensial, menggunakan trafo High Frequency untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas sis-tem injeksi arus, dan kemampuan tegangan yang diinjeksikan ke tanah juga perlu ditingkatkan untuk mengurangi kesalahan relatif pada pengukuran dengan jarak an-tar probe yang berjauhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Resistivitas Bumi; Geolistrik; Mikrokontroler; ATMega328; Data Logging; Filter Noise Tegangan; Inverter
Subjects: Applied Physics > Testing and Measurement of Electrical Quantities
Applied Physics > Electronics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: Andi Eka Nugraha
Date Deposited: 13 Oct 2023 00:54
Last Modified: 13 Oct 2023 00:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79586

Actions (login required)

View Item View Item