Pengaruh wawasan, religiusitas dan kepercayaan nasabah terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Syariah : Studi kasus Kampung Maghfirah

Arif, Fadly (2023) Pengaruh wawasan, religiusitas dan kepercayaan nasabah terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Syariah : Studi kasus Kampung Maghfirah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
0. Cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
01. Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1. BAB 1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
2. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text (BAB III)
3. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
4. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text (BAB V)
5. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Perilaku seseorang dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya sangat beragam. Perilaku tersebut akan mengarah kepada keputusannya dalam menggunakan barang ataupun jasa yang sesuai dengan kebutuhannya. Saat ini, perbankan syariah di Indonesia sedikit demi sedikit mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut tidak lepas dari peningkatan jumlah nasabah serta dana pihak ketiga yang dimilikinya. Perbankan Syariah diharuskan untuk mengetahui kecenderungan perilaku nasabahnya, sehingga dapat menjadi acuan pengambilan kebijakan dalam menjalankan nilai dan sistemnya dengan baik. Hal tersebut menjadi menarik adanya untuk diidentifikasi lebih lanjut terkait variabel-variabel yang memiliki pengaruh terhadap keputusan seorang nasabah memilih untuk menyimpan dana di Bank Syariah. Dalam penelitian ini, variabel yang diukur tingkat pengaruhnya terhadap keputusan adalah wawasan, religiusitas dan kepercayaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh variabel wawasan, religiusitas dan kepercayaan terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Syariah. Menggunakan metode kuantitatif, jenis data dalam penelitian ini adalah data pimer. Data tersebut dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden yakni dosen, guru, mahasiswa dan staf di Kampung Maghfirah Bogor. Pengujian data tersebut dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, dengan uji hipotesis menggunakan uji t, uji f serta koefisien determinasi. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel wawasan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Syariah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Sedangkan variabel religiusitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Syariah dengan nilai signifikansi 0,507 lebih besar dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Hasil dari uji f menunjukan bahwa, semua variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Syariah sebesar 66,4% Sedangkan sisasnya sebesar 34,8% dipengaruh oleh variabel lain diluar dari variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi; Bank Syariah; Keputusan
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Arif Fadly
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:08
Last Modified: 04 Oct 2023 07:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79616

Actions (login required)

View Item View Item