Etika murid terhadap guru dalam pandangan Buya Hamka : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Jawami Cileunyi Bandung

Andani, Feri (2023) Etika murid terhadap guru dalam pandangan Buya Hamka : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Jawami Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (DAFTARM PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman mengenai betapa pentingnya etika murid kepada guru dalam menuntut ilmu dalam mencapai keberkahan ilmu. Kemudian penelitian ini membahas tentang “Etika Murid kepada Guru dalam Pandangan Buya Hamka: Penelitian di Madrasah Al-Jawami Bandung” dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana etika murid terhadap guru menurut Buya Hamka dalam mencapai keberkahan ilmu? 2) Bagaimana implementasi etika murid terhadap guru dalam menuntut ilmu di Madrasah Al-Jawami. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu 1) Mengetahui bagaimana etika belajar murid terhadap guru untuk mencapai keberkahan ilmu menurut Buya Hamka. 2) Menggambarkan kondisi dan penerapan etika belajar murid terhadap guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Jawami. Etika murid dalam menuntut ilmu menurut Buya Hamka yaitu etika terhadap guru yang memberi pengetahuan dan etika terhadap sesama teman dalam mencari pengetahuan. Salah satu contoh etika murid kepada guru yaitu sikap khidmat dan ta’dzim seorang murid kepada guru dapat menjadikan jalan dalam mencapai keberkahan ilmu. Sikap menghormati dan menghargai guru dan teman dapat membantu mendapatkan ilmu dengan lebih mudah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mengambil lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Jawami Bandung. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku Hamka tentang etika murid kepada guru, guru dan murid yang diobservasi, diwawancarai dan dokumentasi dengan pendekatan psikologis, pedagogis dan sosiologis. Instrument penelitian ini adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara dengan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pemikiran Hamka tentang etika murid mencakup: a) tidak menjawab pertanyaan sebelum ditanya, tidak menertawakan dan mengejek teman saat bertanya salah, tidak bersenda gurau saat belajar, tidak menertawakan teman saat dimarahi guru. b) etika murid di MTs. Al-Jawami Bandung berdasarkan hasil observasi sudah baik karena mereka datang tepat waktu, duduk rapi di kelas sambil menunggu guru dan menyambut dengan salam saat gurunya datang ke kelas. c) pemikiran Buya Hamka tentang etika murid kepada guru dalam belajar sudah terimplementasikan pada murid MTs. Al-Jawami Bandung. Implementasinya adalah peserta didik menjawab dengan sopan ketika ditanya, tidak membuat keributan ketika berada di dalam kelas dan tidak menertawakan teman saat dimarahi oleh guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika Murid; Guru; Hamka; MTs. Al-Jawami
Subjects: Ethics, Moral Philosophy
Religious Ethics
Moral Theology
Islam > Islamic Ethics, Practice
Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Feri Andani
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:09
Last Modified: 04 Oct 2023 07:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79625

Actions (login required)

View Item View Item