Pembingkaian berita kasus cacar monyet di Indonesia : Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada media daring Detik.com edisi Agustus 2022

Fadela, Muhamad Rizki (2023) Pembingkaian berita kasus cacar monyet di Indonesia : Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki pada media daring Detik.com edisi Agustus 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB III)
6bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB IV)
7bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Kemunculan satu kasus terkonfirmasi penyakit cacar monyet yang dilaporkan Kemenkes RI pada awal Agustus 2022, membuat media massa banyak memberitakannya. Termasuk Detik.com sebagai salah satu media populer yang turut aktif memberitakan dari awal merebaknya kasus cacar monyet di dunia hingga terdeteksi di Indonesia. Pada suatu media tentunya banyak pekerja di dalamnya. Masing-masing pekerja ini mempunyai pengaruh dalam isi berita yang dimuat dan turut andil dalam proses konstruksi. Salah satu bentuk konstruksi berita dalam suatu media adalah dengan melakukan pembingkaian atau framing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial yang dibangun oleh media daring Detik.com dalam melakukan pembingkaian berita, dilihat dari 4 elemen analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yaitu struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris yang terdapat pada berita kasus cacar monyet di Indonesia edisi Agustus 2022 pada media daring Detik.com. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerlad M. Kociski dan teori konstruksi realitas sosial. Dengan menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berasal dari berita-berita di media daring Detik.com terkait pemberitaan kasus cacar monyet di Indonesia, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi data, mengumpulkan data, menyajikan data, mengolah atau menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dilihat dari (1) struktur sintaksis, berita yang dimuat sudah melengkapi setiap unsur dengan adanya headline, lead, kutipan narasumber, latar informasi, dan penutup dengan menggunakan struktur piramida terbalik. (2) struktur skrip, pada berita yang dimuat lebih menonjolkan unsur who (siapa) yaitu tokoh/ pakar kesehatan yang sesuai dengan bidangnya. (3) struktur tematik, sering dijumpainya penggunaan hubungan antar kalimat (koherensi) sebagai penghubung keadaan kondisi cacar monyet sebelumnya. (4) struktur retoris, penggunaan foto untuk tokoh/ pakar kesehatan yang dijadikan narasumber serta penggunaan gambar untuk ilustrasi dari virus cacar monyet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Framing; Cacar Monyet; Media Daring; Detik.com
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Fadela Muhamad Rizki
Date Deposited: 05 Oct 2023 05:47
Last Modified: 05 Oct 2023 05:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79693

Actions (login required)

View Item View Item