Tanggapan siswa terhadap penerapan metode Tikrar dan hubungannya dengan hafalan Al-Qur’an siswa di SMPIT Amanah Al-Kautsar

Muzaki, Ahmad (2022) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode Tikrar dan hubungannya dengan hafalan Al-Qur’an siswa di SMPIT Amanah Al-Kautsar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7_bab4.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP yang berjumlah 107 siswa. Pengambilan sampel dalam ketentuan pengambilan jumlah sampel menggunakan pendapat Bailey yaitu jika penelitian yang menggunakan analisis data statistik, maka minimal pengambilan sampel adalah sebanyak 30 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan dua variabel yang terdiri dari satu variabel bebas, yaitu metode tikrar serta satu variabel terikat, yaitu hafalan Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner untuk tanggapan siswa terhadap penerapan metode tikrar dan nilai untuk hafalan Al- qur’an. Data yang terkumpul selanjutnya dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data sebelum uji-t dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode tikrar di SMP IT Amanah Al-Kautsar menggunakan 2 strategi tikrar yaitu pengulangan mandiri dan setoran ke guru. Hasil perhitungan metode tikrar di atas diperoleh bahwa nilai tertinggi terdapat pada pernyataan nomor 12 dengan total 129 yaitu siswa lebih cepat menghafal dengan mengenal tanda baca tikrar. Sedangkan nilai terendah pada angket terdapat pada pernyataan nomor 16 dengan total 111 yaitu siswa kesulitan dalam menggunakan metode tikrar. 2) Hasil dokumentasi hafalan siswa diperoleh nilai mean sebesar 83,17, median sebesar 85,00, modus sebesar 85, standar deviasi sebesar 8,659, nilai tertinggi sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 70. Masing-masing siswa yang mendapatkan nilai 70 terdapat 5 siswa, nilai 75 terdapat 4 orang, nilai 80 terdapat 4 siswa, nilai 85 terdapat 6 siswa, nilai 90 terdapat 6 siswa, dan 95 terdapat 5 siswa. Dilihat dari hasil dokumentasi nilai siswa dinyatakan bahwa hafalan siswa termasuk dalam kategori baik sebab hanya 5 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM atau di bawah nilai 75. 3) metode tikrar tersebut siswa SMP IT Amanah Al-Kautsar mampu menghafalkan dengan cepat dan yang sudah dihafalkan tetap terjaga dengan baik, kuat dan lancar, sehingga tujuan dari metode tikrar pun tercapai. Hal tersebut didukung dengan adanya kontribusi metode tikrar dalam menghafal Al- Qur’an yaitu sebesar 68,6%. Dari tabel 4.9 dinyatakan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai uji-t 8,438 > 2,048. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode tikrar berpengaruh dalam menghafalkan Al-Qur’an dan metode tikrar efektif dalam menghafalkan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Tikrar; Hafalan Al-Qur’an
Subjects: Education, Research
Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Muzaki
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:01
Last Modified: 06 Oct 2023 01:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79710

Actions (login required)

View Item View Item