Kualitas bahasa Jurnalistik pada media Daring : Analisis penggunaan bahasa Jurnalistik pada berita Internasional lingkungan Republika.co.id periode 1-14 Juli 2023

Mudrikah, Munna (2023) Kualitas bahasa Jurnalistik pada media Daring : Analisis penggunaan bahasa Jurnalistik pada berita Internasional lingkungan Republika.co.id periode 1-14 Juli 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Bahasa jurnalistik mempunyai peran yang sangat penting bagi media massa. Kualitas penggunaannya perlu diperhatikan oleh setiap media massa, karena hal itu berkaitan dengan penyampaian informasi yang lengkap dan jelas, serta memiliki sangkut paut dengan kesuksesan sebuah media dalam menyampaikan informasi dan komunikasi yang efektif bagi khalayak umum. Berdasarkan konteks tersebut, penelitian ini berfokus pada kualitas penggunaan bahasa jurnalistik pada media online Republika.co.id, khususnya pada berita internasional periode 1-14 Juli 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas penggunaan bahasa jurnalistik pada berita internasional Republika.co.id, dengan menggunakan konsep bahasa jurnalistik menurut Abdul Chaer yang memiliki tiga prinsip, yakni prinsip bahasa yang hemat kata, bahasa yang tepat makna, dan bahasa yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (qualitative content analysis) dengan pendekatan kualiatif dan paradigma yang digunakan adalah paradigma kritisisme. Data-data yang didapatkan merupakan hasil dari studi dokumentasi pada berita internasional (seputar lingkungan) Republika.co.id peiode 1-14 Juli 2023. Hasil penelitian menunjukkan kualitas penggunaan bahasa jurnalistik pada media online Republika.co.id dianggap belum cukup baik dari segi bahasa yang hemat kata, tepat makna, dan menarik. Sebab ditemukan empat dari 10 berita tidak menerapkan prinsip hemat kata, lima dari 10 berita tidak menerapkan prinsip tepat makna dan sembilan dari 10 berita tidak sepenuhnya menerapkan prinsip menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Berita Internasional; Media Online; Republika.co.id
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Munna Mudrikah
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:06
Last Modified: 06 Oct 2023 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79768

Actions (login required)

View Item View Item