Peran kepemimpinan KH. Ahmad Taufiq dalam meningkatkan kinerja pengurus Pondok Pesantren : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Binaul Ummahh Kuningan Jawa Barat

Nurfaizin, Muhamad Gifary (2023) Peran kepemimpinan KH. Ahmad Taufiq dalam meningkatkan kinerja pengurus Pondok Pesantren : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Binaul Ummahh Kuningan Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover Skripsi Gifary .pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Skripsi Gifary.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi Skripsi Gifary.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Skripsi Gifary .pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II Skripsi Gifary.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Skripsi Gifary.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Skipsi Gifary.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS Skripsi Gifary.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan Jawa Barat menjadi sebuah lembaga pondok pesantren yang menciptakan teknokrat dan birokrat yang islami. Pondok Pesantren Binaul Ummah menjadi sebuah jembatan untuk para generasi muda-mudi menjadi seorang pemimpin dimasa depan, sekaligus menjadi sebuah tempat untuk meningkatkan iman dan taqwa. Dengan adanya peningkatan kinerja para pengurus, maka terbentuknya SDM yang berkualitas sehingga akan menghasilkan apa yang menjadi tujuan Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan. Tujuan dari penelitian ini tidak terlepas dari fokus penelitian yang telah di buat, yaitu mengetahui peran pribadi, peran sumber informasi, dan peran pembuat keputusan dari KH. Ahmad Taufiq sebagai seorang pemimpin Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Henry Minzberg (2014:6) menyatakan bahwa peran kepemimpinan meliputi beberapa peran yaitu, peran interpersonal role (figurhead, leader dan liason), informational role (monitor and desiminator, dan spoke person) dan decision making (enterpreneur, distrubance handler, resource handler dan negotiator). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan serta fakta-fakta yang terjadi dilapangan. Dari hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan, peran pribadi KH. Ahmad Taufiq sangat penting untuk meningkatkan kinerja pengurus. Pemimpin harus menjadi figur yang terlihat baik di dalam dan luar organisasi. Dalam peran pemberi informasi juga terdapat peran sebagai pemimpin yang baik. Bapak KH. Ahmad Taufiq sudah menunjukkan pengaruh yang kharisma dalam menjalankan tugasnya, membangun kepercayaan kepada pengurus, serta memberikan apresiasi kepada para pengurus. Dalam peran penelitian keputusan sudah menjadi salah satu penentu kebijakan atau keputusan yang ingin dibuat Bapak KH. Ahmad Taufiq kemudian ia mampu sebagai sosok dalam memantau atau mengkaji situasi yang ada untuk membuat inovasi baru, dan mampu mengkoordinasikan pengurus yang ada di Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan; Pondok Pesantren; Kinerja;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Leaders
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhamad Gifary Nurfaizin
Date Deposited: 09 Oct 2023 00:53
Last Modified: 09 Oct 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79770

Actions (login required)

View Item View Item