Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP : Penelitian terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi

Bintang, Muhamad Ilham (2023) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAIBP : Penelitian terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pada studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 1 Cileunyi, ditemukan bahwa guru yang mengajar telah menggunakan media visual dan audio.Dilihat dari hasil belajar peserta didik yang memiliki nilai rata-rata yaitu sebesar 75 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) masih relatif rendah, hal ini menunjukkan bahwa daya serap yang dimiliki peserta didik masih rendah sehingga menyebabkan hasil belajar yang kurang optimal. Dengan ini peneliti ingin menerapkan media audio visual yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di SMPN 1 Cileunyi. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya media audio visual. Penelitian ini didasarkan bahwa media audio visual diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, karena media pembelajaran ini memiliki kelebihan mampu memberikan rangsangan yang bervariasi pada otak, sehingga otak dapat berfungsi secara optimal. Media audio visual juga menjadikan kegiatan pembelajaran lebih bervariatif sehingga dapat menambah gairah belajar peserta didik yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen desain nonequivalent control group. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B yang berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses penerapan media audio visual pada mata pelajaran PAIBP dengan materi Lebih Dekat kepada Allah dengan Mengamalkan Shalat Sunnah pada kelas yang diberi perlakuan (treatment) secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tahapan yang direncanakan. Berdasarkan hasil observasi selama dua kali pertemuan keterlaksanaan aktivitas guru memiliki skor rata-rata sebesar 93%. 2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII A setelah menggunakan media audio visual pada mata pelajaran PAIBP berdasarkan hasil rata-rata indeks N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,52 atau 52% artinya mempunyai peningkatan hasil belajar yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual; Hasil Belajar Kognitif Siswa; Mata Pelajaran PAIBP
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Ilham Bintang
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:44
Last Modified: 09 Oct 2023 02:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79845

Actions (login required)

View Item View Item