Persepsi masyarakat terhadap pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) : Penelitian di Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Ilham, Ahmad (2023) Persepsi masyarakat terhadap pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) : Penelitian di Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan pada dasarnya diciptakan, bertujuan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat. Pembangunan Infrastruktur menjadi hal yang penting untuk memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktifitasnya. Dalam prosesnya pembangunan bisa memberikan pengaruh sekaligus dampak bagi masyarakat, yang dapat memuculkan persepsi atau pandangan tersendiri baik postif mupun negatif. Ketika pembangunan berdampak buruk bagi masyarakat, maka akan meyebabkan berbagai permasalahan sosial, begitipun sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai persepsi masyarakat terhadap pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Peneliti ingin mengetahui persepsi masyarakat terhadap pembangunan Tol Cisumdawu dan dampak dari adanya pembangunan tersebut. Selain dari kedua hal itu, peneliti ingin juga mengetahui bagaimana bentuk pengawasan pemerintah atau srategi untuk mengatasi dampak dari adanya Tol Cisumdawu. Penelitian ini mengadopsi sudut pandang sosiologi dengan fokus pada teori dan kajian sosiologi, khususnya teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer. Teori interaksi simbolik mempelajari bagaimana individu dalam masyarakat memberikan makna kepada simbol-simbol sosial dan menggunakan simbol-simbol tersebut dalam interaksi mereka dengan orang lain. Peneliti menggunakan tiga metode dalam mengumpulkan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, karena metode-metode ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang subjek penelitian. ketiga metode ini saling melengkapi dan memberikan perspektif yang berbeda. Adanya pembangunan Tol Cisumdawu ini mendapat berbagai persepsi dari pemerintah maupun warga. Sebagian masyarakat berpersepsi bahwa adanya tol berdampak baik pada warga karena untuk mempercepat aksesibilitas. Sebagian warga lagi berpendapat bahwa pembangunan berdampak buruk bagi warga, yaitu terjadinya banjir akibat pembangunan dan berdampak buruk pada ekonomi. Oleh karena itu, warga sangat mengharapkan peran dari pemerintah Desa untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan dari adanya Tol tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Masyarakat; Pembangunan Tol
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ahmad Ilham
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:22
Last Modified: 10 Oct 2023 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79855

Actions (login required)

View Item View Item