Interaksi warga pendatang dengan warga lokal daerah industri kota Bekasi : Penelitian di RW 02 Kelurahan Bantargebang Kota Bekasi

Khafiefa, Tarisa Aliefia (2023) Interaksi warga pendatang dengan warga lokal daerah industri kota Bekasi : Penelitian di RW 02 Kelurahan Bantargebang Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab i.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan adanya fenomena interaksi yang dilakukan oleh warga pendatang dengan warga lokal di Daerah Industri. Pada era perkembangan industri saat ini membuat berubahnya cara berpikir manusia, cara hidup serta cara interaksi yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Berkembangnya daerah industri menyebabkan bergamnya profesi penduduk, seperti di RW 02 Kelurahan Bantagebang Kota Bekasi. Mayoritas warganya berprofesi sebagai karyawan pabrik atau karyawan swasta. Serta karena adanya fenomena masuknya warga pendatang ke Daerah Industri Kelurahan Bantargebang Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan. Pertama untuk mengetahui tingkat interaksi antara warga pendatang dengan warga lokal. Kedua untuk mengetahui hasil dari aktifitas baik sosial atau ekonomi yang dilakukan oleh warga, ketiga untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendorong interaksi yang dilakukan warga pendatang dengan warga lokal Daerah Industri RW 02 Kelurahan Bantargebang Kota Bekasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori struktural fungsional Talcott Parson untuk menganalisis perilaku interaksi, pola perilaku, bentuk interaksi, faktor terjadinya interaksi dan hubungan sosial antara warga pendatang dengan warga lokal yang dilakukan dalam kehidupan sosial bermasyarakat Daerah Industri RW 02 Kelurahan Bantargebang Kota Bekasi. Metode pada penlitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui pengumpulan data primer dengan cara observasi non partisipan dan wawancara semi terstruktur. Penelitian ini juga dilengkapi dengan data sekunder yang bersumber dari buku dan jurnal serta data yang Peneliti dapatkan dari pihak Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa interaksi warga pendatang dengan warga lokal berbentuk interaksi asosiatif, antara warga saling berinteraksi yang menimbulkan kerjasama dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan di lingkungan mereka. Kegiatan yang dihasilkan juga berdampak baik warga yang tinggal di wilayah tersebut dan juga warga di luar wilayah RW 02 Kelurahan Bantargebang Kota Bekasi. Faktor pendorong terjadinya interaksi antar warga seperti rasa memerlukan pertolongan orang lain, ingin mengenal lebih baik dengan warga lain serta agar lingkungan tetap terjaga kerukunan dan keharmonisannya. Faktor penghambat yang dimiliki yaitu keterbatasan waktu setiap warga baik pendatang atau warga lokal dalam menjalin hubungan interaksi di lingkungan tempat tingal mereka. Hasilnya yaitu menghasilkan bentuk interaksi dalam kegiatan kerjasama antar warga walaupun memiliki faktor penghambat berupa waktu namun masih dapat diatasi oleh warga itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial; sosial masyarakat; warga pendatang; warga lokal; Kota Bekasi; industri
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Tarisa Aliefia Khafiefa
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:55
Last Modified: 09 Oct 2023 03:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79880

Actions (login required)

View Item View Item