Pengaruh kepemimpinan karismatik kiai dan motivasi santri terhadap disiplin santri : Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Cianjur

Kudus, Saepul (2023) Pengaruh kepemimpinan karismatik kiai dan motivasi santri terhadap disiplin santri : Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 -.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Disiplin santri adalah suatu hal yang sangat penting demi mencapai cita-cita santri. Dengan disiplin para santri bersedia untuk tunduk dan mengikuti peraturan dan menjauhi larangan tertentu. Kesediaan semacam ini harus dipelajari dan secara sabar diterima dalam rangka memelihara kepentingan bersama atau kelancaran tugas-tugas santri. Satu keuntungan lain dari adanya disiplin adalah belajar hidup dengan kebiasaan yang baik, positif dan bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. Faktanya masih banyak santri yang tidak melakukan hal tersebut, sehingga menghambat keberhasilan santri, sebagaimana yang terjadi di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Cianjur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi informasi tentang kepemimpinan karismatik Kiai, motivasi santri, dan disiplin santri serta mengetahui pengaruh dari kepemimpinan karismatik Kiai dan motivasi santri terhadap disiplin santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Kerangka berfikir dalam penelitian ini, untuk kepemimpinan karismatik merujuk kepada teori dari Conger dan Kanungo (1994), dimana terdapat lima indikator yaitu visi dan artikulasi, resiko pribadi, sensitif pada lingkungan, sensitif terhadap anggota, dan perilaku di luar aturan, dalam motivasi merujuk pada teori David McClelland (1973) yang meliputi kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan dan kebutuhan akan afiliasi dan dalam disiplin merujuk teori dari Moenir (2010), dimana dalam disiplin terdapat dua indikator, yaitu disiplin waktu dan disiplin perilaku. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuantitatif deskriptif korelatif yang pengumpulan datanya berupa wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Kemudian angket dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji validitas, normalitas data, regresi linier dan korelasi dengan menggunakan SPSS v. 26.0. Hasil pada penelitian ini menggunakan Uji F Simultan yang berarti uji pengaruh variable X secara bersama-sama terhadap variable Y. Dasar pengambilan keputusan jika nilai Sig > 0,05 maka Ho diterima. Namun jika nilai Sig < 0,05 maka Ho ditolak. Nilai Sig untuk Regression adalah 0,015 b nilai ini lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan karismatik Kiai dan motivasi santri terhadap disiplin santri. Nilai R Squere pada penelitian ini adalah 0,226 atau 26,6 %. Sehingga dapat dikatakan kepemimpinan karismatik Kiai dan motivasi santri secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 31,60% sisanya 100% - 26,6% = 73,4% dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya yaitu motivasi orang tua, perilaku orang tua, peraturan pesantren dan kinerja Ustadz.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan karismatik kiai; disiplin santri; motivasi santri
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Saepul Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:08
Last Modified: 10 Oct 2023 01:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79920

Actions (login required)

View Item View Item