Motivasi bekerja Part Time di Coffee Shop : Studi tentang mahasiswa pekerja Part Time di Coffee Shop Bloc 114 dan Coffee Shop Maomi di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat

Pralastomo, Rofi (2023) Motivasi bekerja Part Time di Coffee Shop : Studi tentang mahasiswa pekerja Part Time di Coffee Shop Bloc 114 dan Coffee Shop Maomi di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengakaji permasalahan mengenai motivasi mahasiswa yang bekerja paruh waktu di coffee shop. Penelitian ini difokuskan pada dua coffee shop yang berada di Kabupaten Purwakarta, yaitu Coffee Shop Bloc 114 dan Coffee Shop Maomi. Alasan dua coffee shop tersebut cocok dijadikan fokus penelitian karena selalu ramai oleh pengunjung di daerah Kabupaten Purwakarta yang dipastikan membutuhkan tenaga kerja part time. Dengan menggunakan teori pilihan rasional James Samuel Coleman sebagai kerangka teoritisnya yang menyatakan bahwa tindakan seseorang itu merupakan tindakan purposif atau bertujuan, Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja mahasiswa purwakarta yang bekerja part time di Coffee Shop Bloc 114 dan Coffee Shop Maomi, dan untuk menganalisis dampak bekerja part time di Coffee Shop Bloc 114 dan Coffee Shop Maomi terhadap mahasiswa di Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Observasi dilakukan dengan observasi non-partisipan. Wawancara dilakukan dengan in depth interview secara tidak terstruktur kepada mahasiswa yang bekerja part time di Coffee Shop Bloc 114 yang berjumlah 5 orang dan Coffee Shop Maomi yang berjumlah 5 orang dan 2 pemilik dari dua coffee shop tersebut. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data narasi (narrative analysis) untuk mengemati dan mengumpulkan data dari informan yang telah diwawancarai kemudian disajikan dalam bentuk narasi. Adapun tahapan analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi yang mendorong mahasiswa Purwakarta untuk bekerja part time di Coffee Shop Bloc 114 dan Coffee Shop Maomi adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan untuk mencari pengalaman kerja namun dengan waktu yang fleksibel. Kemudian, bekerja part time di coffee shop berdampak terhadap mahasiswa, yaitu dampak positif berupa meningkatkan keterampilan, menjalin jaringan sosial dan pemahaman tentang bisnis. Namun, ini juga menyebabkan dampak negatif berupa gangguan kesehatan, kehilangan peluang magang dan kesulitan dalam bidang akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bekerja Part Time; Coffee Shop; Motivasi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rofi Pralastomo
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:10
Last Modified: 10 Oct 2023 01:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79930

Actions (login required)

View Item View Item