Strategi pembinaan pengurus Pondok Pesantren dalam meningkatkan kreativitas santri : Studi dekskriptif di Pondok Pesantren Nailul Kirom Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Timur

Rahman, Muhammad Hafidzin Maulana (2023) Strategi pembinaan pengurus Pondok Pesantren dalam meningkatkan kreativitas santri : Studi dekskriptif di Pondok Pesantren Nailul Kirom Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstract.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Pondok Pesantren adalah wujud dari proses perkembangan sistem pendidikan yang diantara tujuannya adalah untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera dengan meningkatkan kekreativitasan santri di dalamnya. Akan tetapi, tujuan tersebut terkadang tidak sesuai dengan realita yang ada. Karena dalam mewujudkan tujuan tersebut tidak disertai dengan strategi yang baik sehingga menyebabkan tidak terealiasasinya tujuan tersebut. Pondok Pesantren Nailul Kirom yang memiliki kepengurusan yang bernama IKSAN NAIKI (Ikatan Santri Nailul Kirom) yang mana kepengurusan ini dibentuk untuk mewujudkan tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rumusan strategi pembinaan, pelaksanaan dan juga evaluasi strategi pembinaan IKSAN NAIKI dalam upaya meningkatkan kreativitas santri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Michel Potret bahwa dalam proses manajemen strategi ada tiga tahap yang harus dilakukan, yaitu : tahap perumusan strategi, tahap pelaksanaan strategi, dan tahap evaluasi strategi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi pembinaan pengurus pondok pesantren dalam meningkatkan kreativitas santri di Pondok Pesantren Nailul Kirom Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Timur Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen strategi IKSAN NAIKI dalam upaya meningkatkan kreativitas santri melalui 3 tahap yaitu pertama, perumusan strategi pembinaan dilakukan dengan menganalisis keadaan santri, melakukan analisis SWOT, menentukan tujuan dan juga skala keberhasilan strategi. Kemudian kedua, pada tahap pelaksanaan strategi diawali dengan menetapkan sasaran program, menentukan kebijakan dan juga memotivasi pengurus serta mengalokasikan sumber daya yang ada sesuai dengan potensi mereka masing-masing. Ketiga, pada tahap evaluasi pengurus IKSAN NAIKI melakukan beberapa kegiatan yaitu mengkaji ulang analisis SWOT dalam upaya meningkatkan kreativitas santri, mengukur kinerja, meninjau ulang kembali proses kinerja pengurus dalam menjalankan strategi atau program yang sudah ada, serta melakukan tindakan-tindakan korektif pada strategi yang melenceng dari tujuan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembinaan; Pengurus; Pondok Pesantren; Kreativitas; Santri
Subjects: Islam
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: hafidzin hafidzin hafidzin
Date Deposited: 10 Oct 2023 05:44
Last Modified: 10 Oct 2023 05:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79997

Actions (login required)

View Item View Item