Implementasi pembelajaran saintifik melalui analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pokok optik geometri

Rahmawati, Iis (2023) Implementasi pembelajaran saintifik melalui analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pokok optik geometri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan karena rendahnya pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik atau 5M, dengan menerapkan analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) di kelas eksperimen dan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas kontrol, serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi optik geometri. Metode quasi exsperimental dengan the nonequivalent control group design digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Plus Ulumul Qur'an Al Mustofa dengan jumlah 23 orang setiap kelasnya. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen CoRe, instrumen PaP-eRs, RPP, lembar AABTLT with SAS, serta pretest dan posttest berupa 7 soal esai yang mengacu pada indikator pemahaman konsep. PaP-eRs merupakan bentuk narasi yang digunakan guru untuk merefleksi selama proses pembelajaran di kelas sebagai pelaksanaan PCK, sedangkan CoRe berisi 9 ide-ide pokok untuk mengembangkan PCK terkait proses pembelajaran siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa kemampuan PCK guru dikategori maturing PCK (level 3) hal tersebut berdasarkan dari instrumen PaP-eRs di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 90,2 %. Sedangkan kesesuaian instrumen CoRe dan RPP di kelas eksperimen pada setiap pertemuan memiliki nilai rata-rata sebesar 94% dengan interpretasi sangat baik. Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik tiap pertemuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki persentase rata-rata sebesar 79% dan 51%, adapun perbedaan persentase antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 28%. Meningkatnya pemahaman konsep pada materi optik geometri dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain di kelas eksperimen dengan skor rata-rata sebesar 0,62, sedangkan di kelas kontrol dengan skor rata-rata sebesar 0,36.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PCK; Pendekatan Saintifik; Pemahaman Konsep; CoRe dan PaP-eRs; Optik Geometri;
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Iis Rahmawati
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:56
Last Modified: 12 Oct 2023 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80003

Actions (login required)

View Item View Item