Mekanisme penentuan biaya administrasi pada produk simpanan giro wadi'ah di Bnk Syariah Mandiri kantor cabang pembantu Antapani Bandung

Nursalis, Isnawati (2015) Mekanisme penentuan biaya administrasi pada produk simpanan giro wadi'ah di Bnk Syariah Mandiri kantor cabang pembantu Antapani Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

iro wadi’ah adalah giro yang dijalankan berdasarkan akad wadi’ah. Wadi ’ah mempunyai dua jenis, yakni wadi ’ah yad al-amanah dan wadi ’ah yaddhamanah. Yang menjadi perbedaan utama diantara keduanya terletak pada atau tidaknya persyaratan yang diberikan pemilik dana kepada bank dalam mengelola hartanya. Dalam pemanfaatan dana giro wadi ’ah, risiko dan keuntungan yang ada sepenuhnya hak dan tanggung jawab pihak Bank Syariah Mandiri, tetapi pada praktiknya, Bank Syari’ah Mandiri biasanya membagikan keuntungan tersebut dengan istilah bonus. Prinsip utama yang harus selalu kita perhatikan, bahwa bunga bank yang ada di rekening nasabah, sama sekali bukan hartanya. Karena itu, bank sama sekali tidak dibenarkan menggunakan uang bunga tersebut, untuk kepentingan yang manfaatnya kembali kepada dirinya, apapun bentuknya. Penelitian ini bertujuan urituk mengetahui mekanisme praktek wadi’ah dalam produk Giro BSM di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Antapani-Bandung, dan untuk mengetahui korelasi antara penentuan biaya administrasi dalam produk simpanan Giro Wadi’ah di Bank Syariah Mandiri KCP Antapani-Bandung dengan Fiqh Muamalah. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran, bahwa masalah pelaksanaan giro dengan prinsip wadi’ah tidak dibahas secara terperinci Fatwa DSN-MUI No.01/DSN-MUI/IV/2000, walaupun demikian akad giro wadiah yang dilaksanakan harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan yaitu memenuhi rukun dan syarat wadiah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yakni mendeskripsikan suatu satuan analisis secara utuh, sebagai satu kesatuan yang terintegrasi. Tipe dari penelitian seperti ini merupakan metode studi kasus, yaitu metode yang memusatkan diri pada pemecahan masalah-masalah yang ada pada masa sekarang, seperti Mekanisme Penentuan Biaya Administrasi pada Produk Simpanan Giro Wadiah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Antapani-Bandung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penentuan biaya administrasi pada produk simpanan giro wadiah di BSM KCP Antapani, biaya dminiatrasi tidak diatur dalam Fatwa DSN No: 01/DSN-MUI/IV/2000, Fatwa DSN tersebut hanya mengatur bonus (at hay a) pada giro. Biaya administrasi pada giro wadi’ah ditur berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/19/PBI/2007 Tanggal 17 Desember 2007 tentang Pelaksanaan Prinsip Syariah dalam Kegiatan Penghimpunan Dana dan Penyaluran Dana serta Pelayanan Jasa Bank Syariah (Lembaga Negara Republik Indonesia Tahu 2007 No. 165, tambahan Lembaga Republik Indonesia No.4793) Bank dapat membebankan kepada nasabah biaya administrasi berupa biaya-biaya yang terkait langsung dengan biaya pengelolaan rekening antara lain biaya kartu ATM, buku/cek/bilyet giro, biaya materai, cetak laporan transaksi dan saldo rekening, pembukaan dan penutupan rekening.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: mekanisme;giro;mandiri
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:32
Last Modified: 12 Oct 2023 02:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80079

Actions (login required)

View Item View Item