Partisipasi Politik K. H. M. Amien Noer Dalam Mensukseskan Pemilu Tahun 2004 Di Kampung Ujung Harapan Desa Bahagia Kecamatan Babelan Kabupa Ten Bekasi

Aisyah, Siti (2004) Partisipasi Politik K. H. M. Amien Noer Dalam Mensukseskan Pemilu Tahun 2004 Di Kampung Ujung Harapan Desa Bahagia Kecamatan Babelan Kabupa Ten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

emilu (Pemilihan Umum) adalah salah satu wujud dari kedaulatan rakyat, di mana rakyat mempunyai hak dan kekuasaan untuk memilih sendiri wakil-wakil dan kepala negaranya. Pemilu juga sebagai pembuka jalan kepada perubahan keadaan negara kepada keadaan yang lebih baik. Di Indonesia Pemilu dilaksanakan lima tahun sekali. Dengan demikian, merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia untuk mensukseskan jalannya Pemilu khususnya Pemilu tahun 2004 ini. Sehingga partisipasi masyarakat sangat diharapkan. KH. Muhammad Amien Noer adalah seorang kyai yang kharismatik, berwawasan luas dan seorang figur pejuang Islam yang latar belakang peijuangannya dilandasi oleh nilai-nilai luhur agama Islam. Dia juga seorang kyai yang terkenal aktif di beberapa organisasi, baik organisasi yang bersifat keagamaan maupun organisasi politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk partisipasi politik KH. M. Amien Noer dalam mensukseskan pemilu tahun 2004. Dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat desa Bahagia dalam berpolitik, dalam rangka mempeijuangkan syari’at Islam, dan kemaslahatan umat. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran, bahwa tokoh masyarakat merupakan Informal Leader dan sebagai tempat bertanya, motivator. Sehingga dijadikan panutan warga masyarakat dalam melaksanakan segala bentuk kegiatan baik yang dicanangkan oleh pemerintah maupun tidak. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan study kepustakaan. Sedangkan sumber data diperoleh dari tokoh kunci yaitu KH. M. Amien Noer dan dari buku serta tulisan lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Dan selanjutnya dianalisa dengan menggunakan analisa kualitatif. Data yang ditemukan menunjukan bahwa KH. M. Amien Noer menjabat sebagai anggota Dewan Syuro PBB (Partai Bulan Bintang), dia juga aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pengurus Partai Bulan Bintang seperti kampanye, rapat dengan pengurus partai dan mengadakan pengajian-pengajian dalam rangka mensosialisasikan PBB sebagai salah satu partai Islam yang diyakininya. Adapun tinjauan siyasah dusturiyah terhadap partisipasi politik atau dalam bahasa politik Islam disebut dengan Musyarakah Siyasiyah KH. M. Amien Noer adalah sesuai dengan prinsip musyawarah, mu’aradlah dan prinsip al-Naql al- Dha ’tiyy (Muhasabat al-Nafs). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menurut KH. M. Amien Noer berpolitik adalah bagian dari ajaran Islam, dan wajib Hukumnyajikatujuan-nya untuk berdakwah, menegakan syari’at Islam dan memelihara kemaslahatan umat. Karena menurutnya berdakwah dalam rangka melaksanakan amar ma 'tuf nahi munkar adalah salah satu kewajiban bagi setiap muslim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Politik; Pemilu; Harapan
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Election Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:39
Last Modified: 13 Oct 2023 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80125

Actions (login required)

View Item View Item