Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap nomor 7 tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Surusunda Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap perspektif Siyasah Maliyah

Mukaromah, Maulida (2023) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap nomor 7 tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Surusunda Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap perspektif Siyasah Maliyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketimpangan pemanfaatan dana desa antara yang digunakan untuk pembengunan desa dan pemberdayaan masyarakat, tidak ada peruntukkan dana desa yang digunakan dalam rangka menunjang bidang pertanian. Apabila ketidaksesuaian ini terus berlanjut, maka kesejahteraan masyarakat yang mayoritas sebagai petani dan buruh tani menjadi sulit untuk ditingkatkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan dana desa dan implikasinya terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Surusunda, serta untuk mengetahui tinjauan siyasah maliyah tentang pemanfaatan dana desa berdasarkan Perda Kabupaten Cilacap Nomor 8 Tahun 2018 terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Surusunda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori negara kesejahteraan, teori keuanagan negara dan teori siyasah maliyah yang terdiri dari teori tujuan negara, teori kewajiban negara, dan teori tanggung jawab negara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengkajian deskriptif analitis berdasarkan pendekatan yuridis normatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan dana desa, implikasi, dan tinjauan siyasah maliyah. Penulis menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pemanfaatan dana desa di Desa Surusunda dilakukan sesuai dengan skala prioritas penggunaan dana desa, implikasinya masyarakat dapat menjalankan aktiviats ekonomi dengan lancar tetapi belum berdaya sebagai masyarakat berekonomi mandiri. Tinjauan siyasah maliyah tentang pemanfaatan dana desa berdasarkan Perda Kabupaten Cilacap Nomor 8 Tahun 2018 terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Surusunda sebagian telah dilaksanakan sesuai dengan pilar-pilar pembangunan ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Dana Desa; Implikasi; dan Siyasah Maliyah.
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Maulida Mukaromah
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:33
Last Modified: 13 Oct 2023 03:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80126

Actions (login required)

View Item View Item