Sistem pemantauan kualitas udara berbasis sensor karbon monoksida menggunakan peta Web Digital dengan Framework Laravel 8

Rifki Fauzan, R. Muhammad (2023) Sistem pemantauan kualitas udara berbasis sensor karbon monoksida menggunakan peta Web Digital dengan Framework Laravel 8. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4_Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7_Daftar Isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
8_BAB I.pdf

Download (896kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
9_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
10_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB IV)
11_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text (BAB V)
12_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB VI)
13_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Indonesia adalah negara dengan polusi udara tertinggi ke-17 di dunia. untuk mengatasi hal ini, Kementerian Negara Lingkungan Hidup menggunakan Air Quality Monitoring Station (AQMS) untuk menghitung Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU). Namun, AQMS memiliki beberapa permasalahan yaitu alat pemantau yang tidak selalu aktif, tidak dapat mobilisasi, dan tidak ada website pemantauan sehingga menyulitkan masyarakat untuk mengetahui kondisi udara di area tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan sistem pemantauan menggunakan web peta digital dengan framework Laravel 8 yang diharapkan dapat menyederhanakan proses pengembangan dan memudahkan masyarakat untuk mengetahui kondisi udara di daerah pemantauan. Alat pemantauan ini dibangun dengan menggunakan sensor MQ-7 untuk mengukur ppm karbon monoksida yang dilengkapi dengan Kalman filter untuk menghaluskan output pembacaan ppm sensor dari noise, serta modul GPS Ublox NEO-6M untuk mendapatkan koordinat lokasi pemantauan dengan metode Internet of Things. Pemantauan dilakukan secara realtime dimana data hasil pemantauan yang direkam dikirim menggunakan mikrokontroler ESP8266 ke database MySQL kemudian divisualisasikan pada peta digital LeafletJs yang menampilkan marker titik pemantauan berisi informasi mengenai polusi, text box informasi, dan plot grafik ppm terhadap waktu. Web ini juga dilengkapi fitur autentikasi untuk admin, sehingga admin memiliki akses CRUD untuk menambahkan titik pemantauan secara manual dan menambahkan input area pemantauan dengan layer GeoJSON pada peta. Framework Laravel 8 telah berhasil mengintegrasikan pembacaan data node dan visualisasi web secara optimal. Delay transmisi data monitoring hanya 0,24 detik. Fungsionalitas web telah diuji melalui black box testing dengan total 9 test case (4 test case untuk admin dan 5 test case untuk pengguna) semuanya berjalan sesuai harapan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa kualitas udara di lokasi asri memiliki rata-rata 19,31705128 ppm (tingkat baik), sementara di lokasi polusi mencapai 53,46308176 ppm (tingkat sedang). Dengan demikian, alat ini berhasil menyajikan data pemantauan polusi dengan visualisasi yang informatif dan interaktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: sistem pemantauan; karbon monoksida; peta web digital; framework Laravel 8; Internet Of Things;
Subjects: Data Processing, Computer Science
Applied Physics > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: R. Muhammad Rifki Fauzan
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:55
Last Modified: 16 Oct 2023 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80180

Actions (login required)

View Item View Item