Pengaruh Digital Marketing terhadap Branding : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah Kabupaten Bandung

Wirandini, Syifa Raihan (2023) Pengaruh Digital Marketing terhadap Branding : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Digital Marketing Terhadap Branding di Pondok Pesantren (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Kabupaten Bandung)” Memasuki era revolusi industri 5.0, semua sektor dalam kehidupan semakin bergantung pada teknologi yang sebagian besar berhubungan erat dengan internet sebagai pendukung utamanya. Digital marketing merupakan sebuah pembaruan di bidang pemasaran dengan memanfaatkan sarana digital yang saat ini sedang gencar dijalankan pada seluruh aspek kehidupan. Digital marketing di bidang pendidikan juga tentunya menjadi sesuatu yang sangat potensial dalam memasarkan suatu lembaga pendidikan. Pemanfaatan digital marketing ini juga bisa memuat branding untuk menambahkan value yang ditawarkan brand kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Digital marketing di Pondok Pesantren AlQur’an Al-Falah Kabupaten Bandung, 2) Branding di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Kabupaten Bandung 3) Pengaruh Digital Marketing terhadap Branding di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Kabupaten Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan angket dengan sampel berjumlah 89 responden yaitu para santri guna mengetahui pengaruh digital marketing yang dilakukan terhadap branding. Adapun teknik analisis data menggunakan 4 metode yaitu uji validitas reliabilitas (uji instrumen), uji parsial perindikator, uji normalitas, dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana), uji T, uji F, uji korelasi dan uji koefisien determinan). Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan dari hasil analisis regeresi linier sederhana bahwa: 1) Digital marketing di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Kabupaten Bandung berada pada kualifikasi tinggi karena berada pada rentang interval 3,40-4,19, dengan nilai rata-rata sebesar 4,10. 2) Branding di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Kabupaten Bandung berada pada kategori kualifikasi tinggi karena berada dalam rentang interval 3,40-4,19 dengan nilai ratarata 4,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan yaitu t hitung > t tabel (150,664 > 3,951) antara variabel digital marketing (X) terhadap branding (Y). Maka Hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan koefisen determinasi, hasilnya menunjukkan angka 63,3% atau 0,633 sesuai dengan interpretasi koefisien determinasi dengan kategori pengaruh cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas direkomendasikan kepada lembaga pendidikan terkhusus pesantren agar terus mengembangkan digital marketing yang dilakukan sehingga ke depannya dapat meningkatkan pemasaran dan branding lewat media digital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing; Branding; Pemasaran
Subjects: Education
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Syifa Raihan Wirandini
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:18
Last Modified: 16 Oct 2023 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80187

Actions (login required)

View Item View Item