Dampak keberadaan warung Wi-fi terhadap perilaku sosial kalangan remaja di Kampung Sukamanah Desa Lagadar Kabupaten Bandung

Hanifa, Nisa (2023) Dampak keberadaan warung Wi-fi terhadap perilaku sosial kalangan remaja di Kampung Sukamanah Desa Lagadar Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan sosial sikap dan perilaku remaja pengguna wi-fi di Kampung Sukamanah Desa Lagadar Kabupaten Bandung. Tidak hanya di kota saja, penting bagi masyarakat desa untuk memiliki akses jaringan internet yang mumpuni. Selain dapat mempercepat layanan informasi, juga dapat mempermudah segala sesuatu yang diperlukan. Oleh karena itu, saat ini beberapa terdapat beberapa warung di Desa Lagadar menyediakan fasilitas wi-fi. Dari adanya fasilitas yang disediakan tersebut, tidak akan hanya memberikan dampak positif, tetapi memberikan dampak negatif juga bagi para penggunanya. Dampak positif yang didapatkan remaja yaitu dapat menemukan banyak informasi terutama di bidang akademik, dan dampak negatif yang didapatkan adalah kecanduan bermain game yang berpengaruh terhadap pola hidup mereka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku sosial dan menentukan realitas pengguna wi-fi serta mengetahui dampak dari adanya fasilitas tersebut terhadap perilaku sosial kalangan remaja di Kampung Sukamanah Desa Lagadar Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan teori behaviorisme B.F. Skinner. Pada teori ini Skinner memusatkan perhatiaannya kepada hubungan antara akibat dari tingkah laku yang terjadi di dalam lingkungan aktor dengan tingkah laku aktor. Manusia terus hidup sebagai satu jenis dan sebagai seorang individu, tingkahlakunya tidak lagi dilihat sebagai sesuatu yang datang dari dalam. Ia dilihat sebagai fungsi dari keadaan-keadaan lingkungannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk memberikan paparan atau gambaran mengenai situasi atau kondisi yang diteliti. Selain itu, penelitian ini disajikan dalam bentuk deskripsi, tidak berupa angka. Penelitiannya mendeskripsikan atau menjelaskan keadaan fenomena realitas sosial yang terjadi di masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan warung wifi di Kampung Desa Lagadar cukup berpengaruh terhadap perubahan perilaku pengguna fasilitas wifi dikalangan remaja. Bentuk perubahan perilaku tersebut dapat dilihat dari kehidupan sehari-harinya yang bertutur kata kurang baik atau tidak senonoh, perubahan gaya berpakaian, emosi yang tidak stabil, kecanduan game online yang mengakibatkan mereka malas bahkan lupa terhadap kewajibannya untuk mengerjakan tugas sekolahnya dan melakukan ibadah. Namun hal-hal tersebut dapat ditanggulangi atau diminimalisir degan adanya kontrol sosial dari orang tuanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Desa; Penanggulangan; Perilaku Sosial;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nisa Hanifa
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:55
Last Modified: 16 Oct 2023 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80198

Actions (login required)

View Item View Item