Pengembangan pembelajaran PAI berbasis desain pembelajaran ADDIE untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar siswa : Penelitian di kelas XI OTKP SMKs Medina Bandung

Komarudin, Fery Ahmad (2023) Pengembangan pembelajaran PAI berbasis desain pembelajaran ADDIE untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar siswa : Penelitian di kelas XI OTKP SMKs Medina Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil studi pendahuluan bahwa penerapan konsep desain ADDIE dalam pembelajaran PAI sudah dilaksanakan dengan beragam program yang sudah dikembangkan, di antaranya mendesain perangkat pembelajaran, mendesain evaluasi hasil belajar, tindak lanjut hasil belajar dan home visit. Akan tetapi, peneliti masih belum menemukan keefektifan pembelajaran sehingga berimplikasi pada hasil belajar yang kurang maksimal. Hal itu terlihat dari hanya sebagian peserta didik yang aktif mengikuti pembelajaran PAI (seperti halnya bertanya, menjawab atau mengerjakan tugas) dan sekitar 85% hasil belajar peserta didik masih belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Konsep desain ADDIE dalam pembelajaran PAI; (2) Penerapan desain ADDIE dalam pembelajaran PAI; (3) Efektivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan desain ADDIE; (4) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan desain ADDIE; dan (5) Faktor pendukung dan penghambat penerapan model ADDIE dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada teori pembelajaran humanistik yang menjelaskan bahwa pembelajaran adalah proses yang aktif, pribadi dan berpusat kepada siswa, sehingga membutuhkan langkah-langkah nyata agar pembelajaran tersebut berdaya guna dan berhasil guna. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran dengan metode Classroom Action Research. Sampel populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas XI OTKP SMK Medina. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan angket, wawancara, soal tes, observasi, studi pustaka dan dokumen. Adapun analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan statistik dengan uji perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep desain ADDIE yang melibatkan tahapan analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi telah memberikan framework di dalam pengembangan pembelajaran PAI yang sistematis dan logis. (2) Penerapan desain ADDIE pada pelaksanaannya belum terealisasikan secara rinci, seperti analisis peserta didik yang tidak dilakukan dan penerapannya belum mengacu pada prinsip fleksibilitas serta relevansi. Semua itu terlihat sebelum dilakukan beragam tindakan. Adapun respon siswa terhadap penerapan desain ADDIE setelah dilakukan tindakan termasuk pada kategori baik, itu terlihat dari skor angket 591 dari skor maksimal 936 dengan presentase 63% pada rentang 50% - 74,99%. (3) Efektivias belajar siswa terdapat perbedaan, antara siklus ke-I 6,4 (40%), siklus ke-II 10,4 (65%) dan siklus ke-III 11,6 (72,5%). Ini menunjukkan penerapan desain ADDIE setelah dilakukan tindakan dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa. (4) Hasil belajar siswa terdapat perbedaan, antara rata-rata pretest 67,8 dan rata-rata posttest 74,6. Ini menunjukkan penerapan desain ADDIE setelah dilakukan tindakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (5) Faktor pendukung diantaranya kebijakan sekolah dan kegiatan ko kurikuler mendorong terlaksananya penerapan konsep ADDIE. Sementara itu, faktor penghambat seperti kemampuan peserta didik terhadap teknologi yang beragam, keterbatasan sarana pembelajaran, dan lingkungan peserta didik yang buruk menjadi penghambat terlaksananya pembelajaran PAI dengan desain ADDIE.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pembelajaran; Pembelajaran PAI; Desain ADDIE; Efektivitas Belajar; Hasil Belajar;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fery Ahmad Komarudin
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:52
Last Modified: 17 Oct 2023 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80214

Actions (login required)

View Item View Item