Pengaruh bimbingan mentoring terhadap pembentukan potensi diri anggota remaja One Ummah Movement : Penelitian di One Ummah Movement Kota Bandung

Sariningsih, Widiya (2023) Pengaruh bimbingan mentoring terhadap pembentukan potensi diri anggota remaja One Ummah Movement : Penelitian di One Ummah Movement Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari berjalannya kegiatan mentoring di One Ummah Movement dan terdapat beberapa fenomena yang mejadi dampak terhadap anggota yang mengikuti mentoring tersebut, salah satu yang unik adalah terdapat anggota yang tidak aktif mengikuti program yang ada, merasa ujian datang bertubi-tubi setelah mendapatkan ilmu dari kegiatan mentoring. Namun terdapat pula yang menjadi stimulus untuk anggota memahami islam lebih jauh. Untuk itu, penelitian ini mencoba mencari pengaruh antara bimbingan mentoring dengan pembentukan potensi diri anggota remaja One Ummah Movement. Tujuan Penelitian ini yaitu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan mentoring terhadap pembentukan potensi diri anggota remaja di One Ummah Movement, Kota Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran Ginanjar Agustian (2005:47) bahwa pembentukan potensi diri adalah kemampuan untuk memberi makna spiritual terhadap gagasan, tindakan dan aktivitas, serta mampu menyinergikan Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Pembentukan potensi diri secara menyeluruh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang diambil melalui menyebarkan kuisioner yang telah dibuat oleh peneliti. Kuisioner yang disebarkan kepada 30 anggota remaja One Ummah Movement Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan mentoring memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan potensi diri anggota remaja One Ummah Movement dan besaran pengaruh nya sebesar 59,9%, sehingga dari hasil tersebut termasuk dalam presentasi skala nilai kualifikasi cukup kuat adanya pengaruh bimbingan mentoring terhadap pembentukan potensi diri anggota remaja One Ummah Movement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Mentoring; Potensi Diri; Remaja;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Widiya Sariningsih
Date Deposited: 17 Oct 2023 05:07
Last Modified: 17 Oct 2023 05:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80220

Actions (login required)

View Item View Item