Motivasi masyarakat transisi dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi : Studi deskriptif di Rukun Warga 02 Kelurahan Melong Kota Cimahi

Junianti, Putri Khofifah (2023) Motivasi masyarakat transisi dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi : Studi deskriptif di Rukun Warga 02 Kelurahan Melong Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan mengenai kurangnya motivasi dan kesadaran individu dalam kehidupan masyarakat transisi terhadap pendidikan jenjang perguruan tinggi di Rukun Warga 02 Kelurahan Melong Kota Cimahi. Pentingnya pendidikan saat ini tidak cukup hanya sampai jenjang SMA, akan tetapi pendidikan saat ini dibutuhkan hingga jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu motivasi dalam melanjutkan pendidikan menjadi hal utama dalam kelanjutan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan dan motivasi masyarakat transisi dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, serta untuk mengetahui bagaimana hambatan dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Rukun Warga 02 Kelurahan Melong Kota Cimahi. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pilihan rasional dari James S. Coleman. Pada teori ini dijelaskan bahwa tindakan individu mengarah pada tujuan dan juga tindakan tersebut yang ditentukan oleh nilai atau pilihan yang memiliki tujuan tertentu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Metode kualitatif deskriptif ini dapat membantu peneliti untuk menggali informasi yang lebih detail dan mendalam terkait suatu fenomena yang terjadi di masyarakat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, terdapat adanya motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi pada masyarakat pada Rukun Warga 02 Kelurahan Melong Kota Cimahi. Mereka memiliki pandangan bahwa perguruan tinggi akan berdampak positif bagi masa depan. Proses motivasi tersebut dipengaruhi oleh lingkungan terutama dari dorongan orang tua kepada anak disamping adanya hambatan yang ada. Dengan adanya motivasi tersebut maka, diharapkan perguruan tinggi dapat mendukung terhadap kesejahteraan masyarakat Rukun Warga 02 Kelurahan Melong Kota Cimahi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat; Motivasi; Perguruan Tinggi;
Subjects: Communities > Suburban Communities
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Putri Khofifah Junianti
Date Deposited: 17 Oct 2023 05:59
Last Modified: 17 Oct 2023 05:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80261

Actions (login required)

View Item View Item