Perencanaan Pondok Pesantren dalam meningkatkan kemampuan Entrepreneur santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Kanzun Najah Kota Batu

Zulkarnain, Andra (2023) Perencanaan Pondok Pesantren dalam meningkatkan kemampuan Entrepreneur santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren Kanzun Najah Kota Batu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan budaya asli indonesia yang tumbuh serta diakui masyarakat sekitar. Pesantren merupakan salah satu wadah bagi umat Islam untuk mempelajari dan memperdalam ilmu agama. Pondok pesantren sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai sistem, struktur, mekanisme dan kurikulum yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. pondok pesantren selalu mengedepankan sikap kreatif, inovatif, dan disiplin untuk membentuk sikap kemandirian santri sehingga mereka mampu menjadi pribadi yang mandiri. Pondok pesantren sendiri memiliki kelebihan dari sisi kemampuan untuk menciptakan sebuah sikap yang universal, merata yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik atau santri-santrinya. Untuk mncapai tujuan tersebut dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang, karena dengan perencanaan kita bisa mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi, sehingga tujuan dan program yang telah direncanakan sebelumnya dapat tercapai dengan efektif dan efesien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui fungsi perencanaan, jenis perencanaan dan proses perencanaan yang dilakukan Pondok Pesantren Kanzun Najah Kota Batu dalam meningkatkan kemampuan entrepreneur santri. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan yang disampaikan Kompri (2018) yang mengatakan bahwa perencanaan merupakan sebuah proses penetapan sasaran dan tindakan dalam mencapai sasaran atau visi dan misi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui pengumpulan dan pemilihan data yang kemudian dideskriptifkan dan selanjutnya diambil suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Kanzun Najah Kota Batu bahwa fungsi perencanaan yang dilakukan Pondok Pesantren Kanzun Najah yaitu untuk mempermudah menjalankan program pesantren dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan di Pondok Pesantren Kanzun Najah. Adapun jenis perencanaan yang dilakukan Pondok Pesantren Kanzun Najah Kota Batu yaitu menetapkan tujuan, kebijakan, prosdur, membuat peraturan, membuat program, menetapkan dana, dan menentukan strategi. Sedangkan proses perencanaan yang dilakukan pondok pesantren kanzun najah yaitu menganalisis lingkungan sekitar, kemudian mengimplementasi kegitan yang akan dilaksanakan di pesantren tersebut, dan setelah terlaksana pengasuh pesantren melakukan evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Pondok Pesantren; Entrepreneur; Santri
Subjects: Islam > Da'wah
Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Andra Zulkarnain
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:19
Last Modified: 24 Oct 2023 08:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80287

Actions (login required)

View Item View Item