Perlindungan hukum terhadap pihak ketiga dalam penyitaan harta kekayaan debitor yang dilakukan kurator dihubungkan dengan asas keadilan

Lulu, Ulfie Rahayu (2023) Perlindungan hukum terhadap pihak ketiga dalam penyitaan harta kekayaan debitor yang dilakukan kurator dihubungkan dengan asas keadilan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perjanjian jual beli berupa PPJB (Pengikat Perjanjian Jual Beli yang dilakukan sebelum Debitor (penjual) dinyatakan pailit dengan pihak ketiga (pembeli). Setelah PPJB berjalan selama 5 (lima) tahun, pihak penjual dinyatakan pailit dan objek perjanjian tersebut belum atas nama pihak ketiga,, sehingga pada saat penjual (Debitor pailit), objek dari PPJB tersebut masuk dalam daftar boedel pailit oleh kurator, sehingga menimbulkan kerugian bagi pihak ketiga sebagai pembeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap kedudukan pihak ketiga atas harta kekayaannya yang terdaftar dalam sita umum oleh kurator, untuk mengetahui pertanggungjawaban kurator terhadap pengurusan dan pemberesan harta pailit dalam melakukan penyitaan dan untuk mengetahui akibat hukum terhadap pihak ketiga atas harta kekayaannya yang terdaftar dalam sita umum oleh kurator. Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran diantaranya adalah teori keadilan sebagai grand theory yang membahas persamaan hak sesuai dengan proposionalnya, middle theory yang digunakan adalah teori perjanjian karena permasalahan ini berkaitan dengan kesepakatan para pihak dan apply theory menggunakan teori kepailitan karena ada hubunganya dengan kepailitan serta teori perlindungan hukum, karena setiap subjek hukum harus mendapatkan perlindungan hukum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yakini dengan cara mengumpulkan data, mempelajari, menganalisis peraturan undang-undang yang berkaitan dengan kepailitan, perlindungan hukum dan perjanjian serta memaparkan data-data yang didapat dari hasil analisa peraturan perundang-undangan dan wawancara dari pihak akademis dan praktisi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pertama, perjanjian jual beli dilakukan sebelum Henrry Husada dinyatakan pailit dan sudah berlangsung selama lima tahun, perjanjian tersebut dituangkan dlam PPJB Lunas, namun pada saat Henry Husada dinyatakan pailit objek dari perjanjian jual beli tersebut masuk kedalam boedel pailit. Kedua,penyelesaian yang dilakukan oleh majelis hakim melalui putusannya adalah menolak gugatan dari PT Setiabudi selaku pembeli dan pihak ketiga dalam pailitnya Henry Husada. Ketiga, Perlindungan hukum yang didapatkan oleh pihak ketiga adalah perlindungan hukum secara preventif yaitu kurator harus benar-benar melihat secara rinci mengenai bentuk kepemilikan dari aset yang telah masuk ke dalam boedel pailit. Kemudin pihak ketiga mendapatkan perlindungan hukum secara represif pada Pasal 3 ayat (1) Undang Undang Kepailitan No 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan PKPU, KUHPdt pada Pasal 1365, Pasal 1338, Pasal 279 Rv.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum; Kepailitan; Perjanjian
Subjects: Private Law
Private Law > Commercial Law
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Lulu Ulfie Rahayu
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:40
Last Modified: 18 Oct 2023 07:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80368

Actions (login required)

View Item View Item