Penegakan Hukum sanksi Disiplin dan penghargaan bagi Aparatur Sipil Negara ditinjau dari Undang-Undang no. 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah no 17 tahun 2020 perubahan atas PP no. 11 tahun 2010 tentang Manajemen ASN : Penelitian di Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Janatra, Kevin Ferdinan (2022) Penegakan Hukum sanksi Disiplin dan penghargaan bagi Aparatur Sipil Negara ditinjau dari Undang-Undang no. 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah no 17 tahun 2020 perubahan atas PP no. 11 tahun 2010 tentang Manajemen ASN : Penelitian di Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena dan fakta di lapangan, terkait masih adanya pelanggaran terhadap kewajiban ASN yang terjadi di Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat seperti tidak mengikuti apel pagi, setelah apel pagi ASN tidak langsung kembali ke kantor, ketika jam kerja siang banyak yang terlambat, adanya sejumlah pegawai yang pulang kantor lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan, adanya sejumlah pegawai yang berada diluar/dikantin pada saat jam kerja. Kemudian pemberian penghargaan bagi ASN di lingkugan Setda Pemprov Jawa Barat, ada beberapa permasalahan yang terjadi mulai dari pelaksanaan pemberian penghargaan melalui penilaian kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memganalisis implementasi, akibat, penegakan dan penerapan sanksi hukuman dan penghargaan, bagi ASN di Setda Pemerintah Provinsi Jawa Barat ditinjau dari Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 dan Peraturan pemerintah No. 17 Tahun 2020 tentang ASN. Penelitian ini menggunakan beberapa teori, yaitu Teori Negara Hukum sebagai Grand Theory, Teori Kepegawaian sebagai Midle Theory, dan Teori Reward and Punishment sebagai Aplikative Theory. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Analitis. Bersifat deskriptif, karena peneliti berusaha mengetahui dan memaparkan informasi dan data secara faktual dengan cara sistematis dan akurat mengenai penerapan Sanksi hukuman disiplin dan penghargaan bagi ASN di Setda Pemprov Jawa Barat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Implementasi sanksi hukuman dan penghargaan bagi ASN di Setda Pemerintah Provinsi Jawa Barat Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 dan Peraturan pemerintah No. 17 Tahun 2020 tentang ASN sudah dilaksanakan akan tetapi masih belum maksimal dilaksanakan dikarenakan belum efektifnya pelaksanaan undang-undang tersebut. 2) Akibat diberlakukannnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, tidak ada lagi Aparatur Sipil Negara yang dapat bertindak indisipliner tanpa mendapatkan hukuman disiplin, mulai dari hukuman yang ringan, sedang dan berat.3) Penerapan kedisiplinan aparatur sipil negara di Sekretariat Daerah Pemprov Jawa Barat sangat bergantung pada diri setiap pegawai, apabila pegawai menaati semua peraturan yang telah ditetapkan maka akan mendapatkan hasil yang baik, begitu pula sebaliknya. 4) Pemberian penghargaan di Lingkungan Pemerintahan Setda Pemprov Jawa Barat sebagaimana pemberian penghargaan sesungguhnya tidak saja memberikan dampak pegawai atas prestasi kerja yang dilakukannya, melainkan berimbas pada makin meningkatnya pengakuan dan kepercayaan pejabat kepada pegawai stafnya dalam melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum; Sanksi Disiplin; Penghargaan; Aparatur Sipil Negara
Subjects: Law > Law Reform
Law > Conflict of Law
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Kevin Ferdinan Janatra
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:54
Last Modified: 09 Jul 2024 03:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80403

Actions (login required)

View Item View Item