Hubungan antara kegiatan membatik ecoprint dengan perkembangan seni anak usia dini: Penelitian di kelompok B RA Al-Husna Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung

Rihani, Kiki Kilma (2023) Hubungan antara kegiatan membatik ecoprint dengan perkembangan seni anak usia dini: Penelitian di kelompok B RA Al-Husna Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian perkembangan seni di kelompok B RA Al-Husna Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung menunjukkan bahwa pembelajaran anak masih berpusat pada guru, walaupun model pembelajaran yang digunakan di sekolah ini adalah model pembelajaran kelompok. Akan tetapi anak-anak belum bebas memilih kegiatan sesuai minatnya. Melalui pengamatan yang telah dilakukan, ditemukan bahwa perkembangan seni pada anak usia dini belum optimal. Terbukti dari pembelajaran yang didominasi oleh guru, yang pada akhirnya menghambat kreativitas anak dalam mengekspresikan ide dan gagasan mereka dalam kegiatan membatik ecoprint. Selain itu media pembelajaran di RA Al-Husna ini masih perlu pengembangan, baik dari jumlah maupun kualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas aktivias anak pada kegiatan membatik ecoprint di kelompok B RA Al-Husna kecamatan Pameungpeuk kabupaten Bandung; (2) Realitas perkembangan seni kelompok B RA Al-Husna kecamatan Pameungpeuk kabupaten Bandung; dan (3) Realitas hubungan antara membatik ecoprint dengan perkembangan seni anak usia dini di RA Al-Husna kecamatan Pameungpeuk kabupaten Bandung. Membatik menjadi salah satu alternatif metode yang baik untuk meningkatkan kreativitas seni Anak Usia Dini. Kreativitas pada anak-anak usia dini merupakan sifat kreatif yang sudah melekat sejak lahir. Ini adalah kapasitas bawaan untuk menghasilkan gagasan-gagasan yang inovatif dan unik, serta memiliki fleksibilitas tinggi dalam merespon dan mengembangkan kreativitas dan pemikiran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional untuk mencari hubungan anatara variabel X (Kegiatan Membatik Ecoprint) dengan variabel Y ( Perkembangan Seni). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Al-Husna Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung yang berjumlah 22 anak. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis parsial item per indikator, uji normalitas, uji linieritas, koefisien korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan membatik ecoprint berada pada kategori sangat baik dengan nilai 88,80 berada pada interval 80 – 100 dan perkembangan seni anak usia dini berada pada kategori sangat baik dengan nilai 84,88 berada pada interval 80 – 100. Terdapat pula hubungan yang signifikan antara kegiatan membatik ecoprint dengan perkembangan seni anak usia dini di kelompok B RA Al-Husna Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, yang memiliki hubungan kuat/tinggi pada harga 0,70 yang berada pada interval 0,600-0,799 dan berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Kontribusi yang diberikan pada variabel X (kegiatan membatik ecoprint) terhadap variabel Y (perkembangan seni anak usia dini) yaitu sebesar 49 % dan 51% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: membatik ecoprint; perkembangan seni; anak usia dini
Subjects: Textile Arts > Batik Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: kiki kilma rihani
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:14
Last Modified: 20 Oct 2023 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80423

Actions (login required)

View Item View Item