Rizqi Fathurahman, Muhammad (2023) Tanggapan siswa terhadap mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) Hubungannya dengan hasil belajar kognitif meeka pada mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI): Penelitian Di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunun Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung, diperoleh informasi bahwa pemberian mata pelajaran pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) ini mendapat tanggapan yang cukup positif dari siswa. Hal ini dilihat dari antusiasme siswa yang cukup baik dan dalam kehadiran siswa dapat dikatakan hampir seluruh siswa hadir pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Namun disisi lain penulis melihat hasil belajar kognitif sebagian siswa masih kurang, diantaranya adanya nilai yang masih dibawah kkm dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas tanggapan siswa pada mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. (2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. Dan (3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) dengan Hasil Belajar Kognitif mereka pada mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung. Berdasarkan teori yang ada, tanggapan siswa terhadap mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif mereka. Tanggapan siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada aspek psikologis yang termasuk kepada faktor internal siswa. Tanggapan akan menimbulkan respon untuk mengikuti sebuah pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi tanggapan siswa terhadap mata pelajaran PPAI dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PPAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas XI PPLG 1 dan kelas XI PPLG 3 di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi, analisis korelasi dan uji T (hipotesis). Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh: (1) Realitas tanggapan siswa terhadap mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) SMK Bakti Nusantara 666 Bandung termasuk dalam kategori sangat positif dengan nilai rata-rata 4,25 yang berada pada interval 4,20 – 5.00. (2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung termasuk dalam kategori sangat tinggi, dengan nilai rata-rata 80,4 yang berada pada interval 80 – 100. Dan (3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PPAI) termasuk dalam kategori sedang dengan skor korelasi 0,43. Angka tersebut terletak di rentang 0,40 – 0,59. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 18,49%. Hasil Uji Hipotesis thitung 2,93 > ttabel 2,02., maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya terdapat hubungan signifikan antara variabel X dan Variabel Y.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan; Mata Pelajaran Pengembangan Pendidikan Agama Islam; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Rizqi Fathurahman |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 02:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 02:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80463 |
Actions (login required)
View Item |