Peran komunitas Saung Katumbiri dalam pelestarian budaya lokal : Studi deskriptif komunitas Saung Katumbiri, Kampung Cikondang Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung

Syuhara, Dandy Akbar (2023) Peran komunitas Saung Katumbiri dalam pelestarian budaya lokal : Studi deskriptif komunitas Saung Katumbiri, Kampung Cikondang Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Skripsi dandy akbar syuhara-1.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Skripsi dandy akbar syuhara-2.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Skripsi dandy akbar syuhara-9-11.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Skripsi dandy akbar syuhara-14-21.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Skripsi dandy akbar syuhara-22-42.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Skripsi dandy akbar syuhara-43-48.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Skripsi dandy akbar syuhara-49-94.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Skripsi dandy akbar syuhara-95-98.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi dandy akbar syuhara-99-103.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Komunitas Saung Katumbiri di Kampung Cikondang memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif bagi remaja. Namun, remaja di kampung tersebut mengalami masalah dalam penggunaan ponsel yang tidak bijaksana, seperti terlalu banyak bermain game dan menghabiskan waktu di media sosial tanpa memperhatikan waktu. Hal ini menyebabkan perilaku mereka menjadi tidak produktif dan mengurangi minat mereka terhadap budaya lokal. Oleh karena itu, komunitas Saung Katumbiri berupaya meningkatkan kesadaran remaja terhadap pentingnya melestarikan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk memahami latar belakang terbentuknya komunitas dan perilaku remaja sebelum dan setelah bergabung dengan komunitas Saung Katumbiri, serta upaya yang dilakukan oleh komunitas tersebut dalam meningkatkan kesadaran remaja. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi oleh Anthony Giddens, yang menekankan pentingnya hubungan antara individu dan komunitas sosial serta keseimbangan antara peran individu dan batasan pilihan dalam konteks sejarah dan tatanan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan peran komunitas Saung Katumbiri dalam meningkatkan kesadaran remaja terhadap pentingnya melestarikan budaya lokal di Kampung Cikondang. Peneliti berupaya untuk menjelaskan peristiwa dan kejadian yang sedang diteliti tanpa memberikan penilaian atau interpretasi khusus terhadap peristiwa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas Saung Katumbiri berhasil memberikan pengaruh positif kepada remaja yang sebelumnya terobsesi dengan penggunaan ponsel dan kurang peduli terhadap budaya mereka sendiri. Bergabung dengan komunitas ini membuat remaja lebih sadar akan pentingnya menjaga dan menghargai tradisi serta nilai-nilai leluhur. Melalui kegiatan mentoring, kerajinan tangan, seni musik tarawangsa, dan seni bela diri pencak silat, komunitas ini berupaya meningkatkan kesadaran remaja terhadap budaya lokal, mengalihkan perhatian mereka dari ketergantungan pada ponsel, dan membangun identitas yang kuat di dunia nyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunitas; Peran; Remaja; Budaya;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Communities
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dandy Akbar Syuhara
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:50
Last Modified: 19 Oct 2023 08:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80483

Actions (login required)

View Item View Item