Gagantina, Muhammad Farhan (2023) Tanggapan siswa terhadap tingkat pendidikan orang tua hubungannya dengan motivasi belajar siswa: Penelitian pada peserta didik kelas IX SMP Mekar Arum. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pada siswa kelas IX SMP Mekar Arum, menunjukkan bahwa 11,5% orang tua berpendidikan hingga perguruan tinggi, 46,1% berpendidikan SMA, 26,9% berpendidikan SMP, dan 15,3% berpendidikan SD. Tetapi, keinginan siswa untuk bisa sukses atau lebih sukses dari orang tuanya untuk segi pendidikan cukup tinggi. Lalu untuk motivasi belajar yang kurang seperti bermalasan dalam belajar, seperti telat mengumpulkan tugas, tindakan bolos jam pelajaran, menyontek, dan juga tidak memperhatikan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana Tanggapan siswa terhadap tingkat pendidikan orang tua di kelas IX SMP Mekar Arum Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, 2) Bagaimana Motivasi belajar siswa di kelas IX SMP Mekar Arum Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, 3) Bagaimana Hubungan tanggapan siswa terhadap tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar siswa di kelas IX SMP Mekar Arum Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Siswa dengan orang tua yang memiliki tingkat pendidikan tinggi memiliki banyak keunggulan. Seperti dapat memotivasi, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, keterlibatan dalam pendidikan, memiliki rutinitas keluarga yang baik, dll. Dikarenakan banyaknya keunggulan yang dimiliki jika tingkat pendidikan orang tua tinggi. Maka, hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi antara tanggapan siswa terhadap tingkat pendidikan orang tua denga motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel merupakan peserta didik kelas IX SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung, dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis parsial, uji normalitas data, uji regresi, uji hipotesis, uji korelasi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, tanggapan siswa terhadap tingkat pendidikan orang tua berkriteria cukup dengan skor 2,95. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa berkriteria cukup dengan skor 2,91. Kemudian, hubungan tanggapan siswa dengan motivasi belajar siswa termasuk ke dalam kategori korelasi cukup dengan nilai korelasi sebesar 0,49 yang berada pada interval 0,25 – 0,5. Pengaruh variabel X dan variabel Y sebesar 24% yang sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 3,22 > ttabel 2,03 maka dapat disimpulkan hipotesis diterima artinya terdapat hubungan yang positif signifikan antara tanggapan siswa terhadap tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan; Tingkat Pendidikan Orang Tua; Orang Tua; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Welfare Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Farhan Gagantina |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:12 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80548 |
Actions (login required)
View Item |