Pengaruh Penerapan Sistem Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) terhadap Manajemen Pembiayaan Madrasah (Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Subang)

Irsad Alharis, Muhammad Fauzil (2023) Pengaruh Penerapan Sistem Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) terhadap Manajemen Pembiayaan Madrasah (Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Subang). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Sistem rencana kerja dan anggaran madrasah berbasis elektronik (e-RKAM) adalah upaya dari kementerian agama untuk dapat mengintegrasikan sistem informasi keuangan madrasah mulai dari madrasah tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat. Tujuan utama dari adanya e-RKAM adalah agar madrasah berupaya untuk menghasilkan informasi keuangan mulai dari perencanaan, penatausahaan dan pelaporan yang akurat, tepat waktu, akuntabel, transparan, efisien dan efektif. Terdapat fenomena mengenai penerapan manajemen pembiayaan madrasah, dimana penerapan manajemen pembiayaan madrasah yang baik dapat menciptakan mutu yang baik bagi madrasah. Madrasah dengan penggunaan dana yang efektif diawali dengan menetapkan rencana kerja dan anggaran yang prioritas terlebih dahulu dengan melakukan analisis secara komprehensif. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan Sistem Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM) di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Subang. 2) Mendeskripsikan Manajemen Pembiayaan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Subang dan 3) Menganalisis Pengaruh Sistem Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM) Terhadap Manajemen Pembiayaan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian metode ex post facto. Metode ini merupakan cara menganalisa dengan menggunakan jenis pernyataan yang ditandai dengan ada atau tidaknya pengaruh satu variabel dengan variabel lainnya. Sampel penelitian ini berjumlah 34 responden pegawai tata usaha dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Subang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Adapun teknik analisis pada penelitian ini dibantu dengan program SPSS V.16 dengan analisis instrumen analisis data, analisis statistik dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengaruh dari penerapan e-RKAM terhadap manajemen pembiayaan madrasah sebesar 51.2%. menunjukkan bahwa nilainya 0,001 > 0,05 maka dapat disimpulkan antara variabel bebas (X) dengan variabel Terikat (Y) berkorelasi. Selain itu, hasil uji korelasi Rank Spearmean untuk mengetahui interpretasi pada kuat lemahnya korelasi antar variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y) maka pada baris Correlation Coefficient diperoleh nilai 0,512 maka pada pedoman interpetasi atau yang disebut interval koefisien tingkat hubungannya “Kuat”. sehingga dapat disimpulkan hubungan antara variabel bebas (X) dengan variabel Terikat (Y) bersifat kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen ; e-RKAM ; Manajemen Pembiayaan Madrasah
Subjects: Econmics > Capitalism Economics
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Curricula > Curriculum Development
Depositing User: Muhammad Fauzil Irsad Alharis
Date Deposited: 20 Oct 2023 05:50
Last Modified: 20 Oct 2023 05:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80555

Actions (login required)

View Item View Item