Pengaruh pendapatan pembiayaan Musyarakah dan Murabahah terhadap Laba tahun berjalan PT Bank Muamalat Indonesia TBK Periode 2011-2022

Wijaya, Felix (2023) Pengaruh pendapatan pembiayaan Musyarakah dan Murabahah terhadap Laba tahun berjalan PT Bank Muamalat Indonesia TBK Periode 2011-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Felix_Skripsi_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Felix_Skripsi_Abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Felix_Skripsi_Daftar Isi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Felix_Skripsi_Bab 1.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Felix_Skripsi_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text (BAB III)
Felix_Skripsi_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB IV)
Felix_Skripsi_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Felix_Skripsi_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Felix_Skripsi_Dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Lembaga keuangan khususnya pada sektor perbankan merupakan Lembaga yang diharapkan dapat mengendalikan roda ekonomi. Negara Indonesia sebagai Negara dengan mayoritas beragama Islam telah lama menerima kehadiran Lembaga Keuangan Syariah yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan finansial namun juga tuntutan moralitas. Salah satu produk yang dikeluarkan oleh bank syariah merupakan pembiayaan, dimana dalam penelitian ini akan berfokus kepada Pendapatan Pembiayaan Musyarakah dan Murabahah terhadap Laba Tahun Berjalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiayaan dengan akad Musyarakah secara parsial terhadap Laba Tahun Berjalan; mengetahui pengaruh pembiayaan dengan akad Murabahah secara parsial terhadap Laba Tahun Berjalan; dan mengetahui Pengaruh tingkat Pendapatan Musyarakah dan Murabahah secara simultan terhadap Laba Tahun Berjalan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Periode 2011-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder menggunakan runtun waktu(Time Series) yang diperoleh dari annual report PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2011-2022. Data sekunder runtun waktu adalah laporan keuangan tahunan yang telah dipublikasikan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk secara runtun waktu (tahunan). Penelitian mengenai pengaruh pendapatan pembiayaan musyarakah dan murabahah terhadap laba tahun berjalan teknik analisis yang digunakan adalah dengan uji asumsi klasik, analisis deskriptif serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows Version 25.0 dan Microsoft Excel 2019 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Pendapatan Pembiayaan Musyarakah tidak memiliki pengaruh terhadap Laba Tahun Berjalan dengan besar Koefisien Determinasi sebesar 12,2% dan thitung sebesar 1,179. Secara parsial Pendapatan Pembiayaan Murabahah tidak memiliki pengaruh dengan besar Koefisien Determinasi sebesar 25,3% dan thitung sebesar 1,841. Kemudian secara simultan, Pendapatan Pembiayaan Musyarakah dan Murabahah berpengaruh signifikan terhadap Laba Tahun Berjalan dengan Fhitung sebesar 7,580 dan besar Koefisien Determinasi sebesar 62,7%, sisanya 37,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2011-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Musyarakah; Murabahah; Laba Tahun Berjalan
Subjects: Islam > Islam and Economics
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Felix Wijaya
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:09
Last Modified: 23 Oct 2023 04:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80566

Actions (login required)

View Item View Item