Hubungan antara kompetensi tenaga kependidikan dengan kualitias Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka

Rivani, Azkanadya Azahra (2023) Hubungan antara kompetensi tenaga kependidikan dengan kualitias Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Seorang Tenaga Kependidikan tentu harus memiliki Kompetensi, melalui kompetensi yang dimiliki maka akan terbentuk Sumber Daya Manuisa yang berkualitas, maka dari itu seorang Tenaga Kependidikan harus memiliki kesadaran diri untuk terus mengembangkan dan meningkatkan Kompetensi yang dimiliki guna menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan Lembaga Pendidikan yang bermutu. Berdasarkan fakta yang didapatkan olehh peneliti Kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kependidikan pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka masih kurang maksimal, dimana banyak tenaga kependidikan yang masih merangkap dengan tenaga pendidik, lulusan yang tidak sesuai dengan pekerjaan atau bidang yang ditekuni, kurangnya pelatihan dalam pengembangan kemampuan sebagai tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Kompetensi Tenaga Kependidikan pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka, 2) Mendeskripsikan Kualitas Sumber Daya Manusia pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka, 3) Menguji dan Mendeskripsikan hubungan Kompetensi Tenaga Kependidikan dengan Kualitas Sumber Daya Manusia pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Korelasional. Data penelitian dikumpulkan melalui 2 metode yaitu dengan penyebaran Kuesioner dengan skala perhitungan likert kepada 30 responden dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dilakukan berupa uji coba instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), uji analisis statistik (uji normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (koefisien korelasi dan koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kompetensi yang dimiliki oleh Tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka termasuk kedalam kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai rata-rata 4,62, 2) Kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Majalengka termasuk kedalam kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai rta-rata 4,43, 3) hasil perhitungan statistik menggunakan SPSS pada uji korelasi mendapatkan angka 0,00 < 0,05 yang menunjukan bahwa antar variabel memiliki hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,810 berada pada rentang antara 0,810 – 1,000 yang termasuk kedalam “Hubungan yang Sangat Kuat dan positif”. Hasil dari pengujian koefisien determinasi mendapatkan nilai sebesar 0,718 atau sebesar 71,8% Kualitas Sumber daya Manusia dipengaruhi oleh Kompetensi yang dimiliki oleh Tenaga kependidikan dan 28,2% lainnya dipengaruhi oleh factor di luar jangkauan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Tenaga Kependidikan; Kualitas Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan
Subjects: Education, Research
Education > Organization of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azkanadya Azzahra Rivani
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:56
Last Modified: 27 Oct 2023 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80612

Actions (login required)

View Item View Item