Kiyasatina, Atrasina (2023) Strategi produksi program acara Religi : Studi deskriptif pada program Gema Ramadhan 2023 di TVRI Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab I.pdf Download (314kB) |
||
Text (BAB II)
5_bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
Abstract
Program acara religi ditelevisi saat ini sudah semakin beragam, hadirnya program-program tersebut sebagai alat bantu menyiarkan agama islam ke seluruh penjuru tanah air dan Gema Ramadhan adalah contoh salah satu programnya. Gema Ramadhan hadir sebagai media dakwah dengan tujuan bisa mempengaruhi masyarakat dengan konten yang disiarkannya ketika bulan suci Ramadhan. Memang bukan hal yang mudah untuk mampu menghadirkan program acara yang bermutu dan bermanfaat bagi khalayak, namun itu menjadi tantangan tersendiri untuk program Gema Ramadhan agar bisa tetap menjaga keutuhan dan kualitas programnya. Maka dari itu untuk menjaga hal tersebut Gema Ramadhan perlu memiliki strategi produksi program. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi produksi program yang dilakukan oleh tim produksi TVRI Jawa Barat dan melihat proses produksi program acara religi Gema Ramadhan di TVRI Jawa Barat yaitu mulai dari perencanaan program, proses pelaksanaan produksi, eksekusi program, pengawasan dan evaluasi program. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kultivasi untuk menganalisis pengaruh program acara religi terhadap pemahaman, persepsi dan keyakinan masyarakat terhadap isu-isu agama. Konsep strategi yang digunakan adalah konsep strategi program Petter Pringle yang dijabarkan dalam buku Manajemen Media Penyiaran oleh Morrisan, yang mengungkapkan bahwa strategi program mencakup perencanaan, proses pelaksanaan produksi, pengawaan dan evaluasi program. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk mengungkapkan peristiwa atau fakta, keadaan dan kondisi yang terjadi selama penelitian secara sistematis dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Gema Ramadhan (1) Pada tahap perencanaan produksinya masuk dalam tahap perencanaan jangka panjang dengan format program variety show yang didalamnya terdapat host dan narasumber sebagai pemerannya. (2) Proses pelaksanaan produksi yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu pra-produksi, produksi dan pasca produksi. (3) Eksekusi programnya dirancang tayang setiap hari selama bulan ramadhan pukul 16.30 WIB, dan program ini memilki 4 segmen dengan durasi 60 menit. (4) Pengawasan program dilakukan dengan monitoring produksi dan terdapat empat jenis evaluasi yaitu evaluasi produksi, evaluasi konten, evaluasi, tim, dan evaluasi produser.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Produksi; Religi |
Subjects: | Communications Telemunications > Television Broadcasting Specific Fields of Photography > Video Production, Television Photography |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Atrasina Kiyasatina |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 07:23 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 08:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80645 |
Actions (login required)
View Item |