Pengaruh manajemen program Tahfidz terhadap budaya Religius Madrasah : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah PUI Ciranca Kec. Malausma

Fadilah, Fani Raihan (2023) Pengaruh manajemen program Tahfidz terhadap budaya Religius Madrasah : Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah PUI Ciranca Kec. Malausma. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Pendidikan di indonesia diharapkan memperhatikan nilai-nilai budaya religius pada siswa dalam rangka meningkatkan kurikulum pendidikan dan evaluasi di madrasah, menerapkan program tahfidz al-quran sebagai bentuk ikhtiyar untuk mewujudkan lulusan yang islami.tujuan diadakannya program tahfidz di madrasah yaitu untuk meningkatkan nilai religius siswa madrasah dan sebagai upaya untuk meningkatkan nilai keunggulan madrasah. Dengan melallui program tahfidz diharapkan menjadi suatu cara yang tepat bahkan efektif untuk memperkuat buadaya religius baik bagi siswa dan lingkungan madrasah. Karena degan adanya program mengahafal al-quran (Hafidz), diharapkan akan munculnya nilai religius yang tiggi dalam setiap aktivitas siswa dengan mengamalkan apa yanng telah mereka hafalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen program tahfidz di MI PUI Ciranca kec.Malausma, untuk mengetahui tingkat religius di madrasah, untuk mendeskripsikan pengaruh manajemen program tahfidz terhadap budaya religius madrasah di MI PUI Ciranca ke. Malausma objeknya adalah pengaruh manajemen program tahfidz terhadap budaya religiu madrasah. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Fecto dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 32 siswa/i. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan analisis instrumen (validitas dan realibilitas), analisis parsial per indikator (uji reliabilitas variabel X dan uji realitas variabel Y), analisis asumsi klasik (linieritas dan normalitas), uji korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji F dan uji T). Pengumpulan data dengan teknis angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh manajemen program tahfidz al- Qur’an terhadap Budaya religius siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI)PUI Ciranca memperoleh nilai 0,016 < 0,05 yang artinya bahwa hubungan manajemen program tahfidz al-Qur’an dengan pembentukan budaya religius terdapat korelasi atau hubungan. Kemudian koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,424 yang artinya bahwa variabel X dengan variabel Y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tingkat kekuatan yang “Cukup” karena berada pada kategori 0,40 s/d 0,60 dengan bentuk hubungannya positif Dikatakan positif karena apabila program tahfidz al- Qur’an termanage dengan baik, maka budaya religius akan terbentuk di dalam diri siswa. Kemudian koefisien korelasi (R Square) sebagaimana pada tabel. 4.17 menunjukan pada angka sebesar 0,179 yang artinya bahwa pengaruh variabel X (manajemen program tahfidz al-Qur’an) terhadap variabel Y (budaya religius) sebesar 17,9% sedangkan 82,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program; Tahfidz; Budaya Religius
Subjects: Education
Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fani Fani Raihan Fadilah Raihan
Date Deposited: 30 Oct 2023 00:52
Last Modified: 30 Oct 2023 00:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80654

Actions (login required)

View Item View Item