Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik utang piutang bersyarat di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut

Imamudin, Miftah Nur (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik utang piutang bersyarat di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Praktik utang-piutang bersyarat yang terjadi di Desa Padamukti Kecamatan sukaresmi Kabupaten Garut, merupakan kebiasaan yang terjadi di masyarakat. akad utang-piutang yang terjadi yaitu dimana pemberi pinjaman memberikan syarat tertentu yaitu harus memeberikan gabah padi 100 kg setiap panen kepada pemberi pinjaman selama hutangnya belum lunas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan hutang piutang bersyarat di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut (2) Untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan hutang piutang bersyarat di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan teori akad Qardh dan teori al-urf sebagai kerangka pemikiran. Konsep akad qardh merupakan akad pinjam meminjam yang termasuk kepada akad tabarru yaitu akad saling tolong-menolong bukan transaksi komersial. Selanjutnya, konsep al-urf merujuk pada suatu perbuatan dan perkataan manusia yang telah dikenal luas serta dipraktikkan terus menerus oleh masyarakat tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analitis deskriptif untuk menggambarkan objek yang diteliti yaitu praktik utang piutang bersyarat di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Analisis data penelitian ini diakukan secara komprehensif, serta menggunakan teknik triangulasi dalam menganalisis keabsahannya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan utang-piutang bersyarat yang terjadi di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut, telah menjadi kebiasaan. Karena kebutuhan hidup yang semakin meningkat dan pendapatan yang tetap. (2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik utang-piutang bersyarat di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut yang dilakukan oleh peminjam dan pemberi pinjaman ini tidak boleh dilakukan karena didalamnya ada syarat tertentu. Selain itu juga pemberi pinjaman mengharapkan tambahan dan keuntungan dari syarat hutang piutang. Sedangkan akad hutang-piutang (Al-Qardh) merupakan akad tabarru’i dan apabila dalam akad tersebut mengharapkan tambahan dan keuntungan itu termasuk dalam riba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akad Qardh ; Hutang Piutang Bersyarat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Customs of People
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Miftah Nur Imamudin
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:00
Last Modified: 07 Nov 2023 03:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80691

Actions (login required)

View Item View Item