Tujuan Siyasah Dusturiyah terhadap perlindungan hukum bagi tenaga kerja yang mengalami PHK berdasarkan Pasal 153 Undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja

Ahmad, Firaz Alfarizi (2023) Tujuan Siyasah Dusturiyah terhadap perlindungan hukum bagi tenaga kerja yang mengalami PHK berdasarkan Pasal 153 Undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Tinjauan Siyasah Dusturiyah Terhadap Perlindungan Hukum Bagi Tenaga Kerja Yang Mengalami PHK Berdasarkan Pasal 153 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Masalah ketenagakerjaan menjadi masalah pelik yang sulit untuk diselesaikan, dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja perusahaan dapat melakukan PHK dengan alasan efisiensi, baik yang diikuti dengan penutupan perusahaan atau tidak diikuti dengan penutupan perusahaan yang disebabkan perusahaan mengalami kerugian. Hal tersebut memberikan kelonggaran kepada pihak perusahaan untuk melakukan PHK sebab PHK dapat dilakukan tanpa harus menutup perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tentang tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap alasan-alasan perusahaan memutus hubungan kerja karyawannya, tinjauan Siyasah Dusturiyah tentang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menurut Undang-Undang Cipta Kerja, dan tinjauan Siyasah Dusturiyah tentang perlindungan tenaga kerja menurut Undang-Undang Cipta Kerja. Penelitian ini menggunakan teori Asas Kepastian Hukum yaitu asas dalam negara hukum yang mengutamakan landasan peraturan perundang-undangan, kepatutan, dan keadilan dalam setiap kebijakan Penyelenggara Negara. Kemudian teori kemaslahatan yang artimya sesuatu yang baik menurut akal dengan pertimbangan dapat mewujudkan kebaikan atau menghindarkan keburukan bagi manusia, selaras dan sejalan dengan tujuan syariat dalam menetapkan hukum, serta tidak ada petunjuk syariat yang mengakui atau menolaknya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, serta menggunakan pendekatan yuridis normatif- empiris. Kemudian sumber data yang digunakan adalah sumber data primer di dukung dengan sumber data sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebagian besar perusahaan yang mengalami penurunan omzet seperti perusahaan PT. Tokopedia dipengaruhi oleh kebijakan Pembatasan Sosial Berskal Besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah Dalam konsep siyasah dusturiyah, kebijakan tersebut merupakan salah satu cara untuk menghindarkan diri dari mafsadat (keburukan) yang lebih besar. 2) Isi Putusan Mahkamah Kontitusi Nomor 91/PUU-XVIII/2020 Tentang Pengujian Undang-Undang Cipta Kerja tentang PHK adalah bahwa Mahkamah berpendapat bahwa proses pembentukan Undang-Undang Cipta Kerja tidak memenuhi ketentuan berdasarkan UUD 1945, sehingga harus dinyatakan cacat formil dan tidak sesuai dengan asas kepastian hukum. 3) Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap PHK tentu mengedepankan kemaslahatan bagi para pekerja dengan tujuan perlindungan terhadap hak-hak para pekerja sehingga sudah sesuai dengan teori kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemutusan Hubungan Kerja
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Depositing User: Firaz alfarizi Ahmad
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:10
Last Modified: 24 Oct 2023 06:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80699

Actions (login required)

View Item View Item