Pengaruh transformasi manajemen Digital terhadap kualitas pengelolaan administrasi Pesantren : Penelitian pada Pondok Pesantren di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis

Al Asy'ari, Muhammad Hasan (2023) Pengaruh transformasi manajemen Digital terhadap kualitas pengelolaan administrasi Pesantren : Penelitian pada Pondok Pesantren di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
2_Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Transformasi manajemen digital merupakan salah satu hal penting untuk mempertahankan keberlangsungan pesantren di tengah maraknya teknologi yang terus berkembang. Dengan adanya transformasi manajemen digital ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan dalam pelayanan administrasi di pesantren. Fenomena yang terjadi di pondok pesantren muncul beberapa kesulitan seperti kurangnya informasi, apalagi dengan banyaknya jumlah santri yang mondok. Selain itu, pimpinan pondok pesantren terkadang harus bertanya kepada bagian terkait sebelum dapat menjawab pertanyaan orang tua tentang perkembangan anaknya. Oleh karena itu, diperlukan suatu teknologi komunikasi yang sistematis untuk menjalin hubungan dan memudahkan para pemangku kepentingan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis transformasi manajemen digital pondok pesantren di Kecamatan Panjalu. 2) Untuk mendeskripsikan kualitas pengelolaan administrasi pesantren di Kecamatan Panjalu. 3) Untuk menganalisis pengaruh transformasi manajemen digital terhadap kualitas pengelolaan administrasi pesantren di Kecamatan Panjalu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode ex post facto. Dengan tujuan untuk menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan prilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variabel bebas secara keseluruhan sudah terjadi. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah tenaga administrasi pesantren yang berada di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis sebanyak 55 orang yang diambil dari 10 pesantren. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Transformasi manajemen digital bagi tenaga administrasi di Pondok Pesantren Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis mendapatkan hasil 3,32 yang berada pada interval 2,60 hingga 3,39 sehingga bisa dikategorikan sedang atau cukup. 2) Kualitas pengelolaan administrasi di Pesantren Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis meningkat dengan cukup baik, dilihat dari hasil penelitian nilai rata-rata yang dapatkan adalah 3,38, maka dapat disimpulakan masuk pada kategori sedang atau cukup, karena termasuk pada interval 2,60-3,39. 3) Hasil uji T transformasi manajemen digital berpengaruh positif terhadap kualitas pengelolaan administrasi dengan Thitung > Ttabel yaitu 8,757 > 1,673. Hasil koefisien determinasi pengaruh transformasi manajemen digital terhadap kualitas pengelolaan administrasi menujukkan nilai sebesar 59,1% yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara transformasi manajemen digital dengan kualitas pengelolaan administrasi pesantren pada Pondok Pesantren di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Transformasi; Manejemen; Digital; Kualitas; Administrasi
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Hasan Al Asy'ari
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:06
Last Modified: 25 Oct 2023 02:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80714

Actions (login required)

View Item View Item