Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Deep Dialogue hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak : Penelitian pada siswa Kelas XI MAN 1 Kota Bandung

Baihaqi, Muhammad Rizky (2023) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Deep Dialogue hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak : Penelitian pada siswa Kelas XI MAN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

​Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, hasil ulangan harian pada saat sebelum menggunakan model pembelajaran deep dialogue menunjukan bahwa masih banyak siswa yang berada dibawah nilai KKM dengan nilai KKM 76. Hal ini terjadi pada kelas XI IPS 1 yang memiliki 55,5% atau 20 dari 36 siswa berada dibawah nilai KKM, begitu juga pada kelas XI IPS 2 yang menunjukan bahwa 52,7% atau 19 dari 36 siswa berada di bawah nilai KKM. Sehingga guru aqidah akhlak merubah gaya model pembelajarannya yakni dengan model pembelajaran deep dialogue. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran deep dialogue 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Deep Dialogue dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XI MAN 1 Kota Bandung. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran deep dialogue dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif mereka. Salah satu indikator tanggapan yaitu perhatian termasuk ke dalam faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Tanggapan akan menimbulkan respon siswa untuk mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran deep dialogue hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas XI MAN 1 Kota Bandung berjumlah 42 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisi data yang digunakan yaitu; analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan : 1) Tanggapan Siswa terhadap penerapan model pembelajaran deep dialogue berkategori positif dengan nilai rata – rata 3,80 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak berkategori sangat baik dengan rata – rata 83,49 yang berada pada interval 80 – 100. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran deep dialogue dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran aqidah akhlak berkategori kuat dengan nilai rata – rata 0,51 yang berada pada interval 0,50-0,75. Pengaruh variabel x terhadap variabel y sebesar 26% dan sisanya 74% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis thitung 4,35 ≥ ttabel 2,02. Maka dapat disimpulkan hipotesis diterima. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel x dan variabel y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Deep Dialogue; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rizky Baihaqi
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:05
Last Modified: 27 Oct 2023 08:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80776

Actions (login required)

View Item View Item