Penerapan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gaya belajar siswa

Rohmah, Dian Putri (2023) Penerapan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gaya belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang bagaimana menerapkan model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran RADEC, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) kemampuan pemecahan masalah matematis yang menggunakan model pembelajaran RADEC lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional, (4) gaya belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran RADEC. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta lembar angket gaya belajar siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran RADEC memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,75 dengan kriteria tinggi, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,65 dengan kriteria sedang, (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran RADEC lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) gaya belajar yang paling banyak digunakan di kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC adalah gaya belajar visual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran RADEC; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Gaya Belajar Siswa
Subjects: Mathematics > Mathematicians
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dian Putri Rohmah
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:03
Last Modified: 26 Oct 2023 01:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80839

Actions (login required)

View Item View Item